visitaaponce.com

Kementerian BUMN Dorong UMKM Medan Masuk Platform Digital untuk Perluas Pasar

Kementerian BUMN Dorong UMKM Medan Masuk Platform Digital untuk Perluas Pasar
Ilustrasi Rumah BUMN(MI/Ramdani)

Kementerian BUMN mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Medan, Sumatra Utara, terus meningkatkan daya saing dengan masuk ke platform digital. Langkah tersebut harus dilakukan demi bisa melebarkan jangkauan pasar.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pun memastikan pihaknya akan membantu menciptakan ekosistem penjualan online yang berfungsi secara efisien dan efektif.

“Sebagaimana arahan Menteri BUMN Erick Thohir, BUMN akan support penuh UMKM yang sudah masuk penjualan secara online, tapi menghadapi kendala. Kami akan menciptakan mekanisme dan sistem untuk menaikkan penjualan mereka," ujar Arya melalui keterangan tertulis, Senin (31/7).

Baca juga: Semen Gresik Gelar Pelatihan Penjualan Lewat Sosial Media untuk UMKM

Arya juga menyampaikan bahwa pelaku UMKM dapat berkolaborasi dengan BUMN lewat program-program yang sudah disediakan, sepeerti yang selama ini sudah dilakukan BNI, BRI, PNM dan banyak perusahaan negara lainnya.

"Kami sudah menginstruksikan Himpunan Bank Negara untuk mendukung dari segi pendanaan. Mulai dari KUR sampai ultramikro, semua difasilitasi. Dari segi pemasaran, kita sudah menempatkan rumah BUMN di rest-rest area, walaupun baru di Jawa. Nanti akan ekspansi ke Sumatra dan sekitarnya. Nanti juga di kantor-kantor BUMN akan ada Vending Machine yang menjual produk-produk UMKM, sehingga dari pemasaran mereka bisa terbantu," jelasnya.

Baca juga: Bazar UMKM Untuk Indonesia Kembali Digelar di Rubanah Sarinah, Ada Hadiah Emas Antam

Kementerian BUMN akan melakukan upaya terbaik untuk mendukung percepatan peningkatan kualitas UMKM sehingga mampu bersaing dengan produk unggulan di kelasnya.

"Kami berharap di Medan, semua hotel diisi produk-produk UMKM. Mulai dari souvenir, snack, semua produk UMKM. Bahkan kita dorong UMKM ini ekpor ke luar. Kita punya BNI Expora yang uda diinstruksikan Pak Erick untuk membantu ekspor UMKM dan Diaspora Indonesia untuk buka bisnis di luar negeri", lanjutnya.

Kedepannya diharapkan pengusaha UMKM Millennial dapat terus memingkatkan kapasitas dan kualitasnya agar dapat menginvasi pasar hingga ke kancah internasional. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat