visitaaponce.com

PLN EPI Gandeng Universitas Telkom, Kembangkan Teknologi Blockchain dalam P2EP

PLN EPI Gandeng Universitas Telkom, Kembangkan Teknologi Blockchain dalam P2EP
Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) PLN EPI dengan Universitas Telkom.(Dok PLN EPI)

SUBHOLDING PLN Energi Primer Indonesia (EPI) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Telkom pada Selasa (21/05) di Kampus Universitas Telkom, Bandung. Melalui kerjasama ini PLN EPI menyusun roadmap adopsi serta implementasi bertahap teknologi blockchain pada platform Pusat Pengatur Energi Primer (P2EP). 

Direktur Management Human Capital dan Administrasi PLN EPI Dedeng Hidayat mengapresiasi kemajuan riset teknologi dan inovasi yang telah berkembang di kalangan kampus se-Indonesia. Dirinya mengungkapkan bahwa saat ini teknologi menjadi tonggak berjalannya sebuah korporasi dan tren adopsi teknologi semakin konvergen antara dunia akademis dan dunia praktis.

"Saat ini adopsi teknologi menjadi tantangan bagi tiap perusahaan dan menjadi perhatian penting bagi PLN. Kedepannya digitalisasi akan terus diupayakan oleh PLN EPI Group sesuai dengan arahan Transformasi Digital PLN," ujar Dedeng. 

Baca juga : Ramaikan Gravitation 2023, PLN Icon Plus Ajak Mahasiswa Jadi Mitra Iconnet

Sementara itu Dedeng juga mengatakan bahwa pengembangan teknologi pada P2EP merupakan hal yang tepat. Pasalnya adopsi teknologi menjadi salah satu tantangan yang harus dilalui PLN EPI di masa mendatang. 

"Dalam tantangan ketiga, yaitu adopsi teknologi, dengan digitalisasi akan bisa melihat sampai ke manajemen Perusahaan. Maka dari itu transformasi digitalisasi menjadi hal penting," ungkap Dedeng. 

Dirinya juga menerima dengan baik penandatanganan kerjasama antara PLN EPI dan Universitas Telkom, bagi Dedeng kesempatan ini merupakan suatu hal yang berharga, selain menguntungkan dikedua belah pihak, juga menjadi nilai tambah. 

Baca juga : Dukung Standar Pendidikan Internasion, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) Beri Fasilitas Coursera untuk Mahasiswa

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih bisa terealisasikan MoU ini, baik saat ini atau jangka panjang. Saya yakin Universitas Telkom adalah Universitas terbaik dalam pengembangan teknologi dan data," imbuh Dedeng. 

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi dan Kerjasama Universitas Telkom, Rina Pudji Astuti berharap agar MoU ini dapat berlangsung bukan hanya pada satu project saja melainkan sampai seterusnya. 

"Terima kasih atas kepercayaan kepada Universitas Telkom dan kesempatan bagi kami untuk bisa berkontribusi langsung kepada PLN Energi Primer Indonesia," ujar Rina. 

Sedikit informasi mengenai Teknologi Blockchain adalah teknologi yang digunakan untuk meningkatkan transparansi, keamanan, dan privacy data dalam sistem yang terdistribusi. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat