visitaaponce.com

PLN Pasok Daya 170 MVA Smelter Freeport di Gresik

PLN Pasok Daya 170 MVA Smelter Freeport di Gresik
Ilustrasi.(ANTARA/IGGOY EL FITRA)

PT PLN (Persero) memasok tambahan daya di pabrik smelter atau pengolahan konsentrat PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, menjadi sebesar 170 megavolt ampere (MVA).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan penambahan daya listrik ini lebih cepat dari jadwal sebelumnya yang ditentukan pada Desember 2024. Dengan adanya pasokan listrik yang memadai, Darmawan berharap PLN dapat mendukung program hilirisasi melalui industri.

"Pasokan listrik andal memiliki peran krusial dalam mendukung hilirisasi yang sejalan dengan strategi pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah komoditas pertambangan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (12/6).

Baca juga : Dukung Hilirisasi Industri, PLN Gandeng Lima Mitra Strategis Sediakan Listrik 4000 MW

Ditambahkan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) Agus Kuswardoyo, pengoperasian tahap keempat berkapasitas 170 MVA ini merupakan lanjutan dari pengoperasian tahap sebelumnya. Di tahap pertama, PLN telah memasok sebesar 30 MVA pada September 2023, tahap kedua sebesar 60 MVA pada Februari 2024 dan tahap ketiga sebesar 110 MVA pada 1 April 2024.

PLN, lanjut Agus, berkomitmen menyuplai listrik untuk PT Freeport Indonesia di KEK yang dioperasikan oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera.

"PLN siap mendukung kebutuhan pasokan listrik PT Freeport Indonesia yang akan mulai beroperasi secara bertahap pada Juni 2024 ini," imbuhnya.

Baca juga : Project Strategis Hilirisasi 2024, Perkuat Program Nilai Tambah Komoditas Mineral

Operasional smelter ini diharapkan akan menstimulus pertumbuhan industri-industri hilir yang dapat menciptakan multiplier effect atau efek ganda bagi perekonomian di Kabupaten Gresik dan Jawa Timur.

“Kunci penting mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor industri adalah kecukupan pasokan listrik," sebut Agus.

Chief Electrical Engineer PT Freeport Indonesia Deeri Rahmat Setyawan menyambut baik kesigapan PLN dalam mempercepat penyambungan tambah daya listrik, sehingga kebutuhan pasokan daya sebesar 170 MVA dapat dipenuhi.

“Kami mengapresiasi upaya PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik PT Freeport Indonesia dengan lebih cepat dari kesepakatan awal,” pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat