visitaaponce.com

Cegah Jeratan Pinjol dengan Tingkatkan Literasi Keuangan

Cegah Jeratan Pinjol dengan Tingkatkan Literasi Keuangan
PT Asuransi Jasaraharja Putera mengadakan acara literasi keuangan(Dok)

PT Asuransi Jasaraharja Putera mengadakan acara literasi keuangan bertema 'The Miracle of Today for Tomorrow' di PLUT KUMKM Kabupaten Bandung pada Kamis (13/6). Acara ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Pangalengan dan Kabupaten Bandung.

Direktur Teknik PT Asuransi Jasaraharja Putera Bapak Suhardiman literasi keuangan dibutuhkan masyarakat agar bisa mengelola keuangan dengan baik, serta terhindar dari jeratan pinjaman online.

"Melihat kondisi sekarang kasus pinjol di indonesia sebanyak 61,1 Triliun, kondisi seperti ini sangat memprihatinkan untuk masyarakat indonesia yang masih minim pemahaman tentang mengelola keuangan dengan baik, maka dari itu sangat penting

Baca juga : Minimnya Literasi Keuangan Jadi Penyebab Tingginya Angka Korban Pinjol Ilegal

dilakukannya kegiatan literasi keuangan untuk mengurangi bahkan menghilangkan kasus terjerat pinjol di Indonesia dengan pemahaman yang mateng tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik," ujar Suhardiman, melalui keterangannya, Sabtu (15/6).

Dalam kegiatan ini, 50 pelaku UMKM yang menjadi peserta mendapatkan materi mengenai dasar-dasar pengelolaan keuangan, jenis lembaga keuangan seperti asuransi umum dan asuransi syariah, serta produk-produk asuransi Jasaraharja Putera. Selain itu, cara memanfaatkan produk dan jasa

keuangan, termasuk memeriksa keabsahan hukum penyedia jasa keuangan terkait.

Baca juga : Pinjol di Kalangan Remaja, Indah Kurniawati: Perlu Literasi Digital dan Keuangan

Suhardiman menekankan bahwa literasi keuangan adalah tanggung jawab semua lembaga jasa keuangan di Indonesia. Pemerintah telah mengharuskan perusahaan asuransi, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya untuk melaksanakan literasi keuangan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan keuangan.

Menurut Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 5 OJK Regional 2 Bandung, Tjandra, saat ini pemahaman dan literasi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Hal ini menjadi masalah besar karena banyak orang yang menggunakan produk jasa keuangan tanpa benar-benar memahaminya. Akibatnya, mereka sering merasa dirugikan dan menjadi korban penipuan.

Tjandra berharap kegiatan literasi keuangan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk-produk jasa keuangan, sehingga mereka tidak udah tertipu oleh perusahaan yang tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dalam acara itu Jasaraharja Putera juga memberikan Asuransi Kecelakaan Diri secara gratis selama satu tahun. Jasaraharja Putera terus berusaha meningkatkan layanan untuk membantu

masyarakat meraih masa depan yang lebih baik melalui inovasi dan efisiensi produk. Dengan meningkatkan literasi keuangan, Jasaraharja Putera berharap dapat membantu UMKM mengelola keuangan dengan baik dan menghindari keterlibatan dengan pinjaman online ilegal. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat