visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Halim Maha Toleran kepada Pelaku Maksiat

Asmaul Husna: Allah Al-Halim Maha Toleran kepada Pelaku Maksiat
Tulisan Arab Al-Halim.(DOK Instagram.)

KALI ini mari kita pahami salah satu asmaul husna atau nama-nama terindah Allah SWT yaitu Al-Halim. Arti asmaul husna Al-Halim yaitu Maha Penyantun atau Maha Toleran.

Lantas bagaimana makna dari asmaul husna Al-Halim lebih detail? Berikut penjelasan asmaul husna Al-Halim dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram.

Kezaliman

Manusia akrab dengan kezaliman. Coba bayangkan, waktu bergulir satu jam saja, betapa banyak kezaliman yang berlangsung?

Baca juga: Asmaul Husna: Allah Al-Adl Menata Semua sesuai Tempatnya

 Tak cuma zalim kepada orang lain, manusia pun sering zalim kepada dirinya sendiri. Ketika melihat kezaliman, umumnya kita akan greget, bahkan tak jarang terbawa emosi, lantas buru-buru mengambil tindakan.

Allah Al-Halim 

Allah SWT sama sekali berbeda. Salah satu asma-Nya ialah Al-Halīm. Kira-kira arti harfiahnya ialah Zat Yang Maha Toleran.

Baca juga: Asmaul Husna Allah Al-Khabir Maha Mengetahui yang Batin

Hujjat al-Islam Al-Imam Al-Ghazali menerangkan dalam asmaul husna Al-Halim sebagai Zat yang menyaksikan maksiat yang dilakukan hamba-hamba-Nya, tetapi tak terpancing amarah sehingga lekas menjatuhkan hukuman secara tergesa dan sembrono. Padahal Allah Al-Halim mampu melaksanakannya.

Allah SWT berfirman:

وَلَوْ يُأٓخِذُاللّٰهُ النَّاسَ بِاالظُّلْمِهِمْ مَا تَرَكَ عَلَيْهَا مِنْ دَآبَّةِ......

"Dan kalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ada yang ditinggalkan-Nya (di Bumi) dari mahkluk yang melata sekali pun."

Namun, bukan berarti kezaliman tidak ada harganya. Allah SWT tetap memperhitungkan setiap kezaliman dan dosa hamba-hamba-Nya. Hanya, Allah SWT tidak lantas mengambil tindakan seketika itu juga, melainkan menundanya hingga waktu yang tepat. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat