visitaaponce.com

Doa Pagi Hari Pembuka Rezeki dan Dimudahkan Segala Urusan

Doa Pagi Hari Pembuka Rezeki dan Dimudahkan Segala Urusan
freepik(freepik)

Doa pagi hari merupakan doa yang harus rutin dibaca Di mana doa tersebut adalah serangkaian dzikir bisa menjadi jawaban dari semua permasalahan hidup kamu agar dibukakan pintu rezeki, diberikan kesehatan, dimudahkan dalam segala urusan dan dikabulkan semua doanya.

Seperti yang diketahui, dzikir merupakan bacaan yang isinya tentang keagungan Tuhan, sedangkan doa berisi permintaan-permintaan yang berkaitan dengan urusan dunia maupun akhirat. 

Jadi, tidak perlu repot menuliskan segala harapan kamu. Cukup membaca doa dan dzikir berikut – tentunya sambil tetap berusaha – maka, segala permasalahan kamu, Allah yang akan mengurusnya.

Baca juga : Doa Setelah Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Zikir

Doa dan dzikir pagi ini bisa kamu baca selagi menuju tempat kerja di perjalanan. Sehingga pagi harimu lebih bermakna, serta menjamin kemudahan dalam setiap langkah dan urusan.

Doa Pagi Hari dan Artinya Beserta Dzikir

Seperti yang disebutkan di atas, doa pagi hari merupakan rangkaian dari beberapa kalimat dzikir. Adapun rangkaian dzikir yang sebaiknya dibaca saat pagi hari tersebut yaitu:

1. Ta'awudz (1x)

Baca juga : Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Awali doa pagi hari dan dzikir dengan ta’awudz agar Allah memberikan perlindungan dari godaan jin yang menghasut kita untuk bermalas-malasan dalam membaca doa dan dzikir ini sampai habis. 
 
أَعُوذُ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِِ

A'uudzubillaahi minasy syaithaanir rajiim

Artinya:  "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk."

Baca juga : 5 Doa Setelah Sholat Subuh Lengkap dengan Dzikir dan Amalan Lainnya

2. Ayat Kursi (1x)

Memberikan pujian kepada Allah adalah salah satu adab ketika berdoa. Ayat kursi adalah salah satu yang memiliki makna mendalam tentang keesaan yang menyatakan bahwa hanya Dia-lah satu-satunya Tuhan di dunia ini yang mampu menjadi solusi atas semua permasalahan kamu.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ  اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ  لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ  لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ  مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ  يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ  وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ  وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ  وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ  وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Baca juga : 3 Doa Berhubungan Suami-Istri, Sebelum dan Sesudahnya

Allahu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa'u 'inda Huu, illa bi idznih, ya'lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyai im min 'ilmi Hii illaa bi maa syaa', wa si'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal 'aliyyul 'adziiim

Artinya: "Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya)."Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa`at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar." (QS. Al Baqarah: 255) 

3. Surat Al-Ikhlas (3x)

Baca juga : 3 Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Beserta Tulisan Latin Lengkap

Setiap umat muslim yang melafadzkan surat Al-Ikhlas, maka akan mendapatkan keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat. Apabila dibaca 3x, maka kamu beserta keluarga dan kerabatmu akan diberkahi.

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۞  قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ ۞  اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ ۞  لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ ۞  وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

bismillaahirrahmaanirrohiim. qul huwallahu ahad. Allaahus-samad. lam yalid wa lam yuulad. wa lam yakul lahuu kufuwan ahad

Baca juga : UAS Ungkap Amalan agar Dagangan Laris Manis Usaha Lancar Jaya

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia." (QS. Al Ikhlas: 1-4)

4. Surat Al-Falaq (3x)

Efek dari surat ini akan memberikan perlindungan kepada kamu dari berbagai kejahatan. Mulai dari kejahatan makhluk (manusia, hewan, tumbuhan), kejahatan di malam hari, kejahatan penyihir (ilmu hitam), dan kejahatan orang dengki yang bisa menyebabkan penyakit ain.

Baca juga : Sulit Punya Usaha, Pekerjaan, Rumah? Habib Luthfi Ijazahkan Amalan Ini

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ  ۞  قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ  ۞  مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ  ۞  وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ  ۞  وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ  ۞  وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ
bismillaahirrahmaanirrohiim. qul a'udzu birabbil-falaq. min syarri maa kholaq. wa min syarri ghoosiqin idzaa waqab. wa min syarrin-naffaasaati fil 'uqod. wa min syarri haasidin idzaa hasad

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki". (QS. Al Falaq: 1-5)

5. Surat An-Naas (3x)

Baca juga : Dua Zikir Penolak Kefakiran dan Kesempitan Rezeki dari KH Miftachul Akhyar

Surat ini bertujuan untuk meminta perlindungan dari kejahatan yang menyelinap di dalam diri, berupa nafsu jahat. Bisa berupa amarah, iri dan dengki, tamak, culas, egois, boros, dan hal-hal yang dapat merusak diri dan iman.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ  ۞  قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ  ۞  مَلِكِ النَّاسِۙ  ۞  اِلٰهِ النَّاسِۙ  ۞  مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ  ۞  الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ  ۞  مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

bismillaahirrahmaanirrohiim. qul a'udzu birabbin-naas. malikin-naas. ilaahin-naas. min syarril waswaasil khannaas. alladzii yuwaswisu fii suduurin-naas. minal jin-nati wan-naas

Baca juga : Doa Keluar Kamar Mandi dan Artinya Sesuai Sunnah Nabi Muhammad

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia."

6. Doa Perlindungan (1x)

Doa perlindungan ini tujuannya adalah agar terhindar dari suka dengan kebiasaan membuang-buang waktu dan malas mengamalkan perintah Allah sampai masa tua. Secara tidak langsung membuat kamu terus bersemangat dan menjadi manusia yang bermanfaat dan untung karena telah memaksimalkan hari. 

Baca juga : Doa Kamilin Tarawih Lengkap Latin dan Arab

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلّٰهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ , لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللّٰهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ,لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ , رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ , وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ , رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ , رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِى النَّارِ وَعَذَابٍ فِى الْقَبْرِ

Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya: "Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur."

Baca juga : Doa Masuk WC Arab, Latin dan Artinya Beserta Adab

7. Doa Berserah Diri (1x)

Doa ini akan menghilangkan kecemasan dan kegelisahan terhadap apa yang terjadi pada saat kamu membacanya. Apapun urusanmu, Allah akan memberi rasa lega dalam hatimu dalam menerima segala hal yang terjadi atas kuasa Allah.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا, وَبِكَ أَمْسَيْنَا, وَبِكَ نَحْيَا, وَبِكَ نَمُوْتُ , وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Baca juga : Doa Sholat Tahajud Dan Artinya Beserta Latin

Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.

Artinya: "Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk)."

8. Sayyidul Istighfar (1x)

Baca juga : Doa Masuk Rumah Latin dan Artinya, Serta Keutamaannya

Terhalangnya doa terkabul adalah karena dosa kita yang sangat banyak. Namun, Allah Maha Pengasih bagi semua umatnya yang berdosa sekalipun diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri dan tetap dikabulkan doa-doanya asalkan benar-benar bertobat.

Nabi pun telah mencontohkan sayyidul istighfar, atau istighfar yang paling utama. Di mana di dalamnya terkandung makna pujian, syukur dan permohonan ampun pada Allah.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ, خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ, وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ, أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ, أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ, وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Baca juga : 5 Doa Sesudah Makan beserta Adab yang Dicontohkan Rasul

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau."

9. Doa 'Afiat (3x)

Baca juga : Lima Doa sebelum Mencoblos Surat Suara di TPS

Kata “afiat” sudah seringkali diucapkan masyarakat muslim, yang artinya selamat. Baik selamat di dunia dari fitnah, penyakit, musibah dan lainnya hingga selamat di akhirat dari siksa kubur, siksa neraka, dan kengerian alam akhirat lainnya.

اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ, اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ, اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ, لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ, اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ, وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ, لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma 'aafinii fii badanii, Allahumma 'aafinii fii sam'ii, Allahumma 'aafinii fii bashorii, Laa ilaaha illa anta, Allahumma innii a'uudzubika minal kufri wal faqr, wa a'uudzubika min 'adzaabil qobri, laa ilaaha illa anta

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin, Arab dan Artinya

Artinya: "Ya Allah, berilah keafiatan (keselamatan dari penyakit, dosa, dan azab) pada tubuhku. Ya Allah, berilah keafiatan pada pendengaranku. Ya Allah, berilah keafiatan pada penglihatanku. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kekufuran dan kefakiran, dan aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau."

10. Doa Keselamatan (1x)

Penangkal hidup ini lebih ditujukan tidak hanya pada diri sendiri, tapi juga keluarga, harga, agama, dan dunia dari berbagai macam gangguan yang datang dari berbagai perantara yang ada di bumi.

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya, Amalkan Setiap Hari ini Manfaatnya

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ, اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ , اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى, اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ, وَمِنْ خَلْفِيْ, وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ, وَمِنْ فَوْقِيْ, وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ughtala min tahtii.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh)."

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

11. Doa Perlindungan (1x)

Perlindungan ini sekaligus menangkal kejahatan dari dalam diri dari iblis yang menyelinap masuk dalam hati sanubari dan mencegah berbuat keburukan kepada manusia lainnya.

اَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ, رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ, أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ, أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ, وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ, وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

Baca juga : 4 Doa Mandi Wajib, Beserta Tata Cara yang Benar Sesuai Sunnah

Allahumma ‘aalimal ghoybi wasy syahaadah faathiros samaawaati wal ardh. Robba kulli syai-in wa maliikah. Asyhadu alla ilaha illa anta. A’udzu bika min syarri nafsii wa min syarrisy syaythooni wa syirkihi, wa an aqtarifa ‘alaa nafsii suu-an aw ajurrohu ilaa muslim.

Artinya: "Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan diriku, setan dan balatentaranya (godaan untuk berbuat syirik pada Allah), dan aku (berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan terhadap diriku atau menyeretnya kepada seorang muslim."

12. Doa Agar Terhindar dari Marabahaya (3x)

Baca juga : Zikir, Doa, Qunut Nazilah untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa

Doa pagi hari ini juga dikenal sebagai doa tolak bala atau segala sesuatu yang berpotensi membahayakan keselamatan nyawa, harta benda, dan lingkungan sekitar. Biasanya untuk menghindari bahaya bencana alam, seperti gempa, tsunami, banjir, dan lain-lain.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.

Baca juga : JSI Sumsel Tutup Tahun dengan Doa Syukur dan Dzikir Bersama Ulama dan Masyarakat

Artinya: "Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

13. Doa Keridhoan (3x)

Segala urusan pagi hari jadi mudah itu karena ridho Allah. Tapi, sebelum Allah berikan keridhoannya, kita harus rela dengan apapun yang Allah berikan. Sepenuhnya rela bahwa Allah adalah Tuhan kita. Begitupun dengan agama, kita ridho beragama Islam dan Muhammad sebagai nabi. 

Baca juga : Kumpulan Doa Hujan, Ada yang Diucapkan Langsung oleh Nabi Muhammad Saw

رَضِيْتُ بِاللَّهِ رَبًّا, وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا, وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا

Rodhiitu billaahi robbaa wa bil-islaami diinaa, wa bi-muhammadin shallallaahu ‘alaihi wa sallama nabiyya.

Artinya: "Aku ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai nabi."

Baca juga : Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

14. Doa Pertolongan (1x)

Makna asmaul husna Yaa Hayyu Yaa Qoyyum yang tercantum di awal doa merupakan kunci dari keistimewaan doa ini, yaitu meminta pertolongan hanya dari Allah, tidak dari yang lain. Asmaul husna ini sama halnya dengan pujian yang dipanjatkan sebelum meminta permohonan agar cepat terkabulkan.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ ,أَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ

Baca juga : Doa Nisfu Sya'ban Lengkap dengan Arab, Latin, Arti, Serta Keutamaannya

Yaa Hayyu Yaa Qoyyum, bi-rohmatika as-taghiits, ash-lih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ain.

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dariMu)."

15. Ddzikir Pagi Ash-bahnaa Ala Fithrotil Islaam (1x)

Baca juga : 3 Doa Berbuka Puasa yang Umum dan Boleh Dilafalkan oleh Umat Muslim, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Ddzikir Pagi Ash-bahnaa Ala Fithrotil Islaam merupakan doa yang dianjurkan dibaca pada pagi hari. Dikenal dengan doa fitrah sebagai penanda bahwa kita siap kembali ke fitrah untuk menerima segala kebaikan Islam.

أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ, وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Ash-bahnaa ‘ala fithrotil islaam wa ‘alaa kalimatil ikhlaash, wa ‘alaa diini nabiyyinaa Muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam, wa ‘alaa millati abiina Ibraahiima haniifam muslimaaw wa maa kaana minal musyrikin

Baca juga : Doa-Doa Mohon Rezeki dan Kaya yang Dipanjatkan Rasulullah

Artinya: "Di waktu pagi kami memegang agama Islam, kalimat ikhlas (kalimat syahadat), agama Nabi kami Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan agama bapak kami Ibrahim, yang berdiri di atas jalan yang lurus, muslim dan tidak tergolong orang-orang musyrik."

16. Tahlil (1/10/100x)

Manfaat membaca kalimat tahlil sebanyak 1/10/100 kali, maka Allah akan mencatat kebaikan bagi kamu sebanyak itu, begitupun dengan kesalahan. Bahkan, Rasulullah bersabda seratus kali tahlil akan membuat wajah seseorang menjadi seperti bulan purnama di hari kiamat nanti.

Baca juga : Doa Pembuka Rezeki Agar Dilancarkan dan Berlimpah

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya: "Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu."

Baca juga : Doa Zikir setelah Salat Fardu Lima Waktu Arab, Latin, Terjemah

17. Dzikir Pemberat Timbangan (3x)

Dalam Islam, ada yang disebut sebagai dzikir pemberat timbangan sebagai bagian dari rangkaian doa pagi hari. Ibarat sebuah makanan, segenggam nasi merah memiliki manfaat lebih banyak daripada nasi putih. Rasulullah mengibaratkan bacaan pendek dzikir di pagi hari ini lebih berat timbangannya daripada dzikir yang dibaca istrinya Juwairiyah mulai dari Subuh sampai Dhuha.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ, عَدَدَ خَلْقِهِ, وَرِضَا نَفْسِهِ, وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Baca juga : Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

Subhanallah wa bi-hamdih, ‘adada kholqih wa ridhoo nafsih. wa zinata ‘arsyih, wa midaada kalimaatih.

Artinya: "Maha Suci Allah, aku memujiNya sebanyak makhluk-Nya, sejauh kerelaan-Nya, seberat timbangan ‘Arsy-Nya dan sebanyak tinta tulisan kalimat-Nya."

18. Doa Memohon Ilmu dan Amal (1x)

Baca juga : Doa setelah Salat Dhuha, Insyallah Mempermudah Rezeki

Semua yang kita nikmati di dunia ini adalah seizing Allah. Untuk mempermudah mempelajari ilmu dari buku maupun pengalaman, alangkah baiknya membaca doa yang satu ini sebelum memulai hari.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا, وَرِزْقًا طَيِّبًا, وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)."

19. Tasbih dan Tahmid (100x)

Jangan dikira bacaan ini tidak bisa memberikan kebaikan lebih besar, justru merupakan yang paling dicintai Allah. Hanya dengan dua bacaan ini, dosa-dosa kecil akan dihapuskan dan mendapatkan pahala yang besar.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ

Subhanallah wa bi-hamdih.

Artinya: "Maha suci Allah, aku memuji-Nya."

20. Istigfar (100x)

Istigfar adalah bacaan yang dikenal untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan sehingga doa pagi hari yang kita panjatkan lebih cepat dikabulkan oleh Allah. Namun, tidak cukup sekali. Dianjurkan membacanya sampai 100 kali, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita sekaligus mempermudah dalam menghadapi setiap permasalahan dan kesulitan hidup.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astagh-firullah wa atuubu ilaih.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya."

Baca doa pagi hari tadi secara berurutan, dari mulai ta’awuz sampai dengan istigfar sesuai dengan petunjuk di atas. 

Dengan konsisten mengamalkannya setiap pagi, maka kamu akan segera mendapatkan apa yang diharapkan semua manusia, yaitu dimudahkan dalam mengais rezeki, selalu diberikan kesehatan, dipermudah segala urusan hingga semua doa-doa kamu selama ini cepat terwujud.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat