visitaaponce.com

TNI AU Usulkan Surjadi Soerjadarma Jadi Pahlawan Nasional

TNI AU Usulkan Surjadi Soerjadarma Jadi Pahlawan Nasional
Ilustrasi(Medcom)

TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggalang dukungan dari berbagai pihak untuk mengusulkan Marsekal TNI Purnawirawan R. Surjadi Soerjadarma sebagai pahlawan nasional. Sejauh ini, aksi tersebut sudah membuahkan hasil berupa dukungan dari Pemerintah Kota Cirebon dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Wakil Kepala Staf TNI AU Andyawan Martono Putra mengungkapkan Surjadi Soerjadarma layak menerima titel tersebut karena merupakan kepala staf TNI Angkatan Udara pertama di Republik Indonesia. Dia juga dikenal sebagai Bapak Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

"Saya ingin mengajak hadirin untuk mengenang jasa pahlawan, terlebih mereka yang turut serta dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, termasuk juga berjuang melalui Angkatan Udara," ujar Andyawan mewakili Kepala Staf Angkatan Udara Fadjar Prasetyo dalam Seminar Nasional Rekam Jejak dan Kontribusi R. Surjadi Soerjadarma terhadap NKRI, di Bandung, Jawa Barat, Senin (4/3).

Baca juga : Kepala Staf Angkatan Udara Indonesia Terima Tanda Kehormatan Australia

Lahirnya TNI AU, imbuhnya, juga tidak lepas dari peran dan perjuangan Surjadi Soerjadarma. Sebagai kepala staf angkatan udara pertama, Soerjadarma telah mencurahkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk membangun pasukan yang mandiri dengan merintis pembangunan sekolah penerbang, memimpin operasi serangan udara ke markas Belanda dan membentuk pasukan terjun payung Angkatan Udara.

"Ia juga mengirim beberapa kadet belajar di negara lain, memimpin beberapa operasi udara dalam rangka menumpas pemberontakan serta berbagai bentuk jasa dan pengabdian," tuturnya.

Adapun, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengakui R. Surjadi Soerjadarma layak diusulkan sebagai pahlawan nasional.

"Prinsipnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung penuh pengusulan dan penganugerahan gelar pahlawan nasional tersebut," kata Bey.

Ia mengaku saat ini turut menyiapkan sejumlah syarat yang dibutuhkan dalam pengusulan R. Surjadi Soerjadarma sebagai pahlawan nasional, salah satunya melalui TP2GD yang meneliti dan mengkaji riwayat hidup, rekam jejak dan kontribusi Bapak AURI terhadap NKRI. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat