visitaaponce.com

Akreditasi Kelas Dunia Jadi Modal Jurusan Ilmu Komputer Bersaing Global

Akreditasi Kelas Dunia Jadi Modal Jurusan Ilmu Komputer Bersaing Global
Dekan Fakultas Ilmu Komputer President University Ir Rila Mandala MEng PhD(Dok President University)

ORANG tua menginginkan anak-anaknya melanjutkan kuliahnya ke jenjang pendidikan lebih tinggi berupa kuliah di perguruan tinggi. Apalagi era teknologi, kemampuan menguasai teknologi akan jadi rebutan.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer President University Ir Rila Mandala MEng PhD mengatakan President University sebagai perguruan tinggi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendorong masyarakat untuk mengambil perguruan tinggi yang sudah diakui secara global karena hal tersebut memang layak dan penting bagi dunia pendidikan.

President University, kata dia, sudah diakui global dan itu bukan asal bicara tetapi bisa dibuktikan melalui akreditasi kelas dunia.  Pada Fakultas Komputer, dua jurusan yakni program studi Informatika dan Sistem Informasi misalnya, saat ini terakreditasi oleh Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), yang merupakan signatory member Washington Accord (WA), dan dalam pengajuan jadi signatory member Seoul Accord.

Baca juga : Atma Jaya Jakarta Raih Gelar PTS Terbaik se-Indonesia Kategori Lulusan Mudah Dapat Kerja

"Masih perlu disebarluaskan lagi agar peminat calon mahasiswa untuk masuk program studi Informatika dan Sistem Informasi bisa lebih banyak lagi di seluruh Indonesia dan berbagai belahan dunia," kata dia.

Ia melanjutkan pengakuan internasional pada dua jurusan ini ditetapkan pada sidang tahunan International Engineering Alliance Meeting (IEAM), 11-15 Juni 2023 di Taichung, Taiwan.

WA mengukuhkan secara aklamasi status full signatory bagi IABEE dengan hak keanggotaan penuh dan pengakuan kesetaraan substansial (substantially equivalent) yang berlaku secara retroaktif sejak 2021.

Baca juga : Perpustakaan Universitas BSI Masuk Daftar Perpustakaan Kriteria UniRank

Dengan pengukuhan itu, maka sarjana yang dihasilkan program studi yang terakreditasi IABEE mulai 2021 diakui substantially equivalent dengan lulusan program studi yang diakreditasi 22 negara anggota WA lainnya dalam memenuhi persyaratan untuk mempersiapkan lulusan dengan world-class standard.

Atas pengakuan itu, President University bukan termasuk kategori perguruan tinggi kelas bawah. Perolehan akreditasi itu menunjukkan alumninya mendapatkan karpet merah di dunia kerja.

"Akreditasi ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan lewat penerapan sistem pendidikan berbasis capaian pembelajaran (OBE) yang diakui secara global," ujarnya. 

Sebagai informasi, saat ini pada program studi informatika sudah ada 5 konsentrasi yakni artificial intelligence, internet of things (IOT), cyber security, game development, dan block chain. (H-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat