visitaaponce.com

Asupan Bernutrisi Anak Salah Satu Syarat Raih Indonesia Emas 2045

Asupan Bernutrisi Anak Salah Satu Syarat Raih Indonesia Emas 2045
siswa PAUD dan TK meminum susu bersama saat Gerakan Minum Susu Bareng Pak Wali di GOR Samapta Kota Magelang, Selasa (28/11/20)23(ANTARA/ANIS EFIZUDIN)

AHLI Kulinologi, Hindah J.Muaris menjelaskan bahwa program makan bergizi sangat diperlukan implementasinya untuk anak sekolah terutama anak sekolah SD, SMP sampai SMA. 

Dia menjelaskan, apabila dilihat saat ini dari peta masalah gizi secara nasional yang dilakukan oleh survei kesehatan indonesia terdapat polarisasi pengaturan makanan bergizi

Hindah melanjutkan, salah satu masalah yang timbul adalah obesitas akibat penggunaan makanan tambahan yang melebihi yang ditentukan oleh Badan POM dan segala macam atau departemen kesehatan. Menurutnya, program makan siang dan susu gratis perlu diatur secara menyeluruh agar sesuai dengan tujuan dari perbaikan makanan bergizi untuk anak sekolah. 

Baca juga : Asam Amino Esensial dan Protein Hewani Bisa Cegah Stunting

Dia melanjutkan, susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang disarankan untuk anak-anak pertumbuhan, untuk anak sekolah adalah susu. Kandungan gizi mikronya, terutama vitamin C, zat besi, zinc dan asam folat itu sangat diperlukan untuk perkembangan otak anak di masa sekolah.

"Tetapi perlu diketahui bahwa pemberian makan siang atau susu yang tidak sesuai dengan kebutuhan sesuai usianya justru memicu masalah baru berupa kelebihan berat badan atau obesitas pada anak," katanya.

Terkait dengan hal tersebut, Danone Indonesia menyatakan siap berkolaborasi dengan pemerintah guna menyiapkan makanan dan susu bergizi gratis bagi masyarakat. Danone Indonesia memastikan dapat menjadi mitra yang kredibel untuk menyukseskan program pemerintah.

Baca juga : Mengenal Manfaat Susu Sapi dan Susu Kambing

"Tentu saja kami sangat siap. Sejak 70 tahun lalu, Danone melalui Sari Husada, sudah bersama-sama dengan setiap keluarga di Indonesia memberi asupan nutrisi terbaik," kata Medical Science Director Danone Indonesia, Dokter Ray Wagiu Basrowi belum lama ini.

Ray mengatakan, komitmen penyediaan makanan bergizi sudah dibuktikan bukan hanya dari aspek kehadiran Danone Indonesia selama lebih dari 70 tahun, tetapi juga karena aspek kapabilitas perusahaan. Dia melanjutkan, Danone Indonesia memiliki keahlian di bidang teknologi pangan serta pabrik dan pusat penelitian di Yogyakarta agar menghasilkan produk-produk bernutrisi, terutama untuk ibu hamil, menyusui dan anak.

Ray menambahkan, produksi disertai dengan inovasi berdasarkan sains yang sudah terbukti secara klinis pada anak-anak Indonesia. Dia menekankan, hal itu merupakan bagian dari komitmen Danone Indonesia sebagai perusahaan di bidang nutrisi.

Baca juga : Kekurangan Zat Besi Bisa Turunkan Kemampuan Belajar Anak

"Jadi kalau ditanyakan komitmen dan kesiapan kami, tentu saja bukti yang sudah kami berikan kepada negara ini selama 70 tahun dapat berbicara sendiri," tambah Ray lagi.

Co-founder & Direktur Eksekutif Indonesia Food Security Review, I Dewa Made Agung Kertha Nugraha mengatakan, asupan bernutrisi seperti susu menjadi salah satu syarat untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Dia melanjutkan, program makanan bergizi bukan hanya terkait masalah gizi semata tetapi berpengaruh langsung kepada swasembada pangan negeri ini. 

"Yang tidak kalah penting, selain memang kita fokus ke gizi, kita fokus ke ketahanan pangan, dan ini akan menghidupi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," katanya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat