visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Selasa 11 Juni 2024, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah

Prakiraan Cuaca Selasa 11 Juni 2024, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah
Prakiraan cuaca Selasa 11 Juni 2024(BMKG)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem yang dipengaruhi oleh bibit siklon tropis 95W yang saat ini berada di wilayah Filipina. Bibit siklon ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan timur Filipina hingga bagian tengah Filipina serta dari Laut Sulawesi hingga perairan timur Filipina.

Selain itu, sirkulasi konvergensi juga terdeteksi di Samudra Hindia barat Sumatera Utara dan di Samudra Pasifik utara Papua, yang membentuk daerah konvergensi dan konfluensi di Samudra Pasifik. Daerah konvergensi lainnya memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, dari perairan utara Jawa Timur hingga Banten, Selat Makassar hingga Kalimantan Barat, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, serta dari Laut Banda hingga Sulawesi Tengah, Laut Maluku, dan Papua.

Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik, dan sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut. Prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km/jam. Suhu udara di Indonesia diperkirakan berkisar antara 18 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 55 hingga 100%.

Baca juga : BMKG Imbau Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

BMKG juga mengingatkan bahwa berdasarkan peta Fire Danger Rating System, beberapa wilayah memiliki tingkat kemudahan terbakar yang sangat tinggi. Wilayah-wilayah tersebut termasuk sebagian kecil Aceh, Pekanbaru, Jambi, sebagian kecil Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Masyarakat dihimbau untuk tidak membakar sampah dan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Untuk prakiraan tinggi gelombang laut, BMKG menyatakan bahwa di wilayah Indonesia secara umum tinggi gelombang berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Namun, di beberapa perairan tertentu seperti perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano hingga Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, dan perairan selatan Banten hingga Pulau Sumbawa, tinggi gelombang dapat mencapai 2,5 hingga 4 meter. Masyarakat dan nelayan di wilayah tersebut diminta untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi.

Selain itu, BMKG juga memprediksi adanya potensi banjir rob pada hari inidi pesisir Jakarta dan pesisir utara Jawa Tengah.

Baca juga : Prakiran Cuaca Hari Ini, Sejumlah Kota Besar Hujan Disertai Angin Kencang

Berikut adalah prakiraan cuaca untuk kota-kota besar di Indonesia:

Pulau Sumatera

- Cerah berawan di Banda Aceh
- Hujan ringan di Medan
- Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Padang
- Hujan ringan di Jambi dan Bandar Lampung
- Hujan sedang di Palembang
- dan potensi hujan petir di Bengkulu dan Pangkal Pinang.

Pulau Jawa

- Berawan di Yogyakarta
- Hujan ringan di Serang, Jakarta, Semarang, dan Surabaya
- dan hujan sedang di Bandung.

Baca juga : BMKG: Waspada Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat di Timur Indonesia Sepekan ke Depan

Pulau Bali dan Nusa Tenggara

- Cerah berawan hingga berawan di Kupang, Mataram, dan Denpasar.

Pulau Kalimantan

- Kabut di Samarinda
- Hujan ringan di Tanjung Selor, Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

Pulau Sulawesi

- Hujan ringan di Kendari, Palu, dan Makassar
- Hujan sedang di Gorontalo
- Dan potensi hujan petir di Manado dan Mamuju.

Indonesia Timur

- Hujan ringan di Ternate, Manokwari
- dan Jayapura hujan sedang di wilayah lainnya.

BMKG mengingatkan bahwa informasi cuaca ini merupakan gambaran umum. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi cuaca terkini dan spesifik yang diperbarui setiap 3 jam, dapat memantau melalui aplikasi Info BMKG yang tersedia di App Store dan Play Store. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat