visitaaponce.com

Keterampilan Menulis Konten Media Sosial Jadi Nilai Tambah

Keterampilan Menulis Konten Media Sosial Jadi Nilai Tambah
Ratusan siswa SMA mengikuti kegiatan pelatihan menulis konten di media sosial(MI / Syarief Oebaidillah)

MEDIA sosial (medsos) memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebab itu, memiliki keterampilan menulis konten yang menarik dan informatif menjadi salah satu kebutuhan penting untuk dimiliki. 

Konten yang baik bukan hanya mampu menarik perhatian saja, tetapi juga menyampaikan informasi dengan jelas dan efektif. Terkait itu, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan serta keterampilan masyarakat Indonesia di era digital kini.

UNJ melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat menggelar pelatihan dengan tema "Pelatihan Penulisan Media Sosial dalam Meningkatkan Citra Sekolah". 

Baca juga : Ini Kunci Keberhasilan Dini Nurul Islami, Guru Honorer yang Merubah Hidup melalui Shopee Affiliate dan Shopee Live

Pelatihan diselenggarakan belum lama ini di SMA Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) 2 Jakarta, yang berlokasi di Kelurahan Manggarai Jakarta. Diikuti sebagian besar siswa termasuk anggota dan pengurus OSIS. Adapun Tim Pengabdian Pada Masyarakat(P2M) UNJ Dr. E Nugrahaeni Prananingrum, M.Si. dan Dr. Cahyadi Setiawan, M.Si.

Dalam paparannya Nugrahaeni mengemukakan meningkatkan citra sekolah dengan menggunakan media sosial, dapat dilakukan dengan menampilkan berbagai prestasi, kegiatan, dan nilai-nilai positif yang dimiliki sekolah.

Konten yang menarik dan informatif di media sosial dapat menjadi alat yang kuat dalam membangun dan mempertahankan reputasi baik sekolah di mata publik.

Baca juga : Felancy Beri Pelatihan Personal Branding ke UMKM dan Kreator Konten

"Citra sekolah yang positif tidak hanya membantu dalam menarik minat calon siswa dan orang tua, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang diberikan.,"paparnya.

Pada materi kedua yang disampaikan Dr. Cahyadi Setiawan menjelaskan bahwa media sosial perlu digunakan atau dimanfaatkan dengan bijak.

"Media sosial yang kita miliki dapat digunakan untuk memberikan informasi terkait bencana banjir yang terjadi di lingkungan sekitar sehingga dapat segera ditangani dengan baik," ungkap Cahyadi.

Baca juga : Mengenal Prinsip Desain Grafis dan 9 Elemen Pendukungnya

Menurut Cahyadi kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa serangkaian workshop yang tidak hanya memberikan pengetahuan teknis tentang penulisan konten saja, juga strategi dalam mengelola dan memaksimalkan potensi media sosial sekolah. Dengan demikian, peserta diharapkan mampu menciptakan konten yang tidak hanya menarik dan informatif, tetapi juga mampu meningkatkan reputasi sekolah mereka di dunia digital.

Nugrahaeni menambahkan pihaknya mengajak semua peserta dapat memanfaatkan era digital dengan sebaik-baiknya guna bersama-sama menciptakan dampak positif yang luas melalui keterampilan menulis konten yang positif dan efektif.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat UNJ ini disambut baik pihak sekolah yang antusias tertarik untuk mengembangkan keterampilan menulis konten pada media sosial sekolah mereka.

Wakil Kepala Sekolah SMA YMIK 2 Jakarta Itet Kartikawati menilai kegiatan ini mengajarkan mengenai pemanfaatan media sosial dan cara menulis konten yang baik, benar dan efektif dalam media tersebut. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga untuk para peserta mohon diperhatikan dengan benar dan seksama”," ungkap Itet Kartikawati. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat