visitaaponce.com

Kapal Tempur AS Masuki Laut Cina Selatan, Tiongkok Sebut AS Rusak Perdamaian

Kapal Tempur AS Masuki Laut Cina Selatan, Tiongkok Sebut AS Rusak Perdamaian
Bendera Tiongkok(AFP)

MILITER Tiongkok mengatakan bahwa sebuah kapal tempur Amerika Serikat (AS) telah memasuki secara ilegal perairan yang berdekatan dengan Second Thomas Shoal, sebuah area sengketa di Laut Cina Selatan (LCS). Beijing menilai tindakan itu berarti merusak hubungan dan perdamaian kedua negara.

"AS secara serius merusak perdamaian dan stabilitas regional," kata Militer Operasi Selatan Tiongkok.

Selama ini, Tiongkok bersengketa dengan beberapa negara tetangganya atas klaim sepihaknya di LCS. Beijing juga menuduh AS secara sengaja telah mengacaukan LCS dan melanggar kedaulatan Beijing.

Baca juga : Tiongkok Desak AS Cabut Sanksi

Dalam beberapa bulan terakhir, Tiongkok telah beberapa kali melakukan konfrontasi dengan kapal-kapal Filipina. Tiongkok juga memprotes kehadiran sejumlah kapal AS yang berpatroli di sekitar LCS.

Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) telah mengorganisir pasukan maritim untuk mengikuti dan memantau kapal AS. "Pasukan di wilayah tersebut dalam keadaan siaga setiap saat untuk mempertahankan kedaulatan nasional dengan tegas," tambah pernyataan PLA.

Baca juga : Pertemuan Xi dan Biden Lebih Banyak Bahas Taiwan

Sebelumnya pada Minggu (3/12), Pasukan Penjaga Pantai Filipina mengerahkan dua kapal di LCS setelah memantau peningkatan jumlah kapal milisi maritim Tiongkok yang dianggap sebagai ancaman. (CNA/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat