visitaaponce.com

Demonstrasi Reformasi Anggaran Javier Milei di Buenos Aires Ricuh

Demonstrasi Reformasi Anggaran Javier Milei di Buenos Aires Ricuh
Kepolisian anti huru hara di Buenos Aires menghadapi demonstrasi keras di luar Kongres, menentang reformasi anggaran Javier Milei(Akun X)

KEPOLISIAN anti huru hara di ibu kota Argentina, Buenos Aires menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan para demonstran di luar Kongres, di mana para legislator sedang mendebatkan reformasi pemotongan anggaran.

Para demonstran melemparkan bom molotov dan batu, yang mengakibatkan satu mobil terbakar. Beberapa orang dilaporkan terluka, dengan media lokal menggambarkan situasi pada hari Rabu sebagai "medan pertempuran".

Paket reformasi ini, yang diusulkan Presiden sayap kanan Javier Milei untuk menghidupkan kembali ekonomi negara yang lesu, termasuk menyatakan keadaan darurat ekonomi, pemotongan pensiun, dan merelaksasi hak-hak buruh. Langkah-langkah ini menentang partai politik kiri, serikat pekerja, dan organisasi sosial.

Baca juga : Mahasiswa Argentina Protes Pemotongan Dana untuk Universitas Negeri

Saling dorong terjadi ketika para demonstran mencoba mendekati Kongres melalui pagar, dengan para demonstran melemparkan batu ke arah petugas yang menyemprotkan gas merica kepada mereka. Pengamat dan anggota parlemen oposisi melaporkan puluhan demonstran dan beberapa anggota parlemen menerima perawatan medis. 

Polisi kemudian mendorong mundur para demonstran, yang dilaporkan membakar dua kendaraan - termasuk milik sebuah organisasi berita.

Kantor Presiden Milei mengeluarkan pernyataan yang berterima kasih kepada kekuatan keamanan atas penindasan yang mereka deskripsikan sebagai "teroris" yang mencoba melakukan kudeta.

Debat mengenai RUU tersebut di Senat dijadwalkan untuk berlanjut hingga larut malam Rabu, dengan para senator diharapkan untuk memberikan suara atasnya. RUU yang sangat kontroversial ini telah disetujui oleh DPR pada bulan April dengan perubahan signifikan. Jika disetujui di Senat, akan kembali ke DPR untuk persetujuan akhir.

Milei menjabat pada tahun 2023 setelah bersumpah untuk melakukan pemangkasan pengeluaran publik. Saat kampanye, ia bahkan membawa gergaji untuk menunjukkan tekadnya untuk melakukannya. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat