visitaaponce.com

1 Tewas dan Ribuan Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan di New Mexico

1 Tewas dan Ribuan Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan di New Mexico
Sedikitnya satu orang dilaporkan tewas akibat kebakaran hutan yang terus berkobar di New Mexico, mengakibatkan ribuan penduduk dievakuasi. (Media Sosial X)

SEDIKITNYA satu orang dilaporkan tewas akibat kebakaran hutan yang terus berkobar di New Mexico, kata pejabat, Selasa.

Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Manajemen Darurat negara bagian itu mengatakan kepada CNN, mereka telah menerima laporan tentang satu korban jiwa, tetapi tidak memiliki informasi tambahan.

Kebakaran hutan telah melanda Lincoln County dan Reservasi Apache Mescalero, mendekati desa Ruidoso "seperti sepasang penjepit" dan menyebabkan ribuan penduduk mengungsi, kata pejabat. Komunitas tetangga Ruidoso Downs juga menerima perintah evakuasi pada hari Selasa.

Baca juga : Genosida Gaza Hari ke-27, 9.061 Warga Terbunuh, 20.000 Korban Luka Terjebak

Setidaknya dua orang terluka selama kebakaran hutan, kata Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham dalam konferensi pers Selasa malam. Mereka dirawat karena cedera yang tidak mengancam jiwa.

Grisham mengatakan setidaknya 500 bangunan telah rusak akibat kebakaran hutan. Gubernur sebelumnya telah menyatakan keadaan darurat di county dan reservasi tersebut.

Dinding asap memenuhi langit di atas desa Ruidoso, Senin malam saat deretan mobil berkelok-kelok keluar dari komunitas tersebut. Diperkirakan 5.000 penduduk diperintahkan untuk mengungsi dari area desa karena kebakaran South Fork yang mendekat, kata juru bicara Kehutanan New Mexico George Ducker kepada CNN.

Baca juga : 20 Orang Tewas, Penduduk Athena Dievakuasi

Kebakaran South Fork dimulai pada Senin pagi di tanah suku Mescalero Apache dan telah menyebar hingga setidaknya 3.000 acre saat malam tiba, kata Ducker. Api tersebut meledak dalam ukuran semalam, kata pihak berwenang. Kebakaran tersebut telah membakar 13.921 acre dengan tingkat penanggulangan 0%, kata Desa Ruidoso pada Selasa pagi, dan meskipun api telah melambat, pejabat khawatir tentang peningkatan angin.

Kebakaran kedua, Kebakaran Salt, juga terjadi di tanah suku di selatan Ruidoso dan telah membakar 4.800 acre pada Selasa pagi.

Kedua kebakaran tersebut bertindak seperti "sepasang penjepit, dan Ruidoso berada di tengah," kata Ducker.

Baca juga : Korban Kebakaran di Hawaii Tak Dapat Peringatan Evakuasi. Begini Kronologinya

Eric Moro dan keluarganya termasuk di antara mereka yang terpaksa meninggalkan rumah mereka di Ruidoso pada Senin. Evakuasi tersebut terjadi tiba-tiba dan keluarganya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan diri. Dia menggambarkan langit sebagai oranye dan mengatakan mereka hampir tidak bisa bernapas karena asap.

"Tidak ada jalan kembali sekarang. Mereka mencoba mengeluarkan semua orang dan kami tidak mengharapkan hujan sampai Jumat," kata Moro kepada CNN. 

"Kami berisiko tinggi kehilangan rumah kami." Keluarga Moro baru saja pindah ke rumah mereka pada bulan Maret, dan dia mengatakan dia tidak yakin apa yang akan mereka lakukan sekarang.

Baca juga : Korban Tewas Kebakaran Hutan di Hawaii Capai 89 orang

Pada Selasa malam, Ruidoso Downs - sebuah kota berpenduduk sekitar 2.600 orang yang terletak langsung di timur desa Ruidoso - juga berada di bawah perintah evakuasi karena Kebakaran Salt, menurut sebuah posting di halaman Facebook kota tersebut.

"Jika Anda berada di Ruidoso Downs, segera evakuasi. Jangan mencoba mengumpulkan barang-barang atau menyelamatkan properti Anda," demikian bunyi postingan tersebut.

CNN telah mencari informasi lebih lanjut dari pejabat kota dan Lincoln County.

Perintah evakuasi juga diberlakukan di beberapa bagian Reservasi Indian Apache Mescalero, yang terletak tepat di selatan Ruidoso, termasuk daerah Snow Springs, Fence Canyon, Whitetail, Chihuahua Well, Fantasy Lane, area Summit, dan Botella Road, kata suku tersebut.

Kekhawatiran terhadap kondisi cuaca

Kepala Kehutanan Negara Bagian Laura McCarthy, dari Divisi Kehutanan New Mexico, menyatakan kekhawatiran pada hari Selasa tentang perubahan kondisi cuaca.

"Angin sedang dalam proses bergeser. Sejak kebakaran dimulai, angin bertiup terus-menerus dari barat daya dan sekarang kami melihat pergeseran dengan angin datang dari barat," kata McCarthy. "Ada potensi dengan angin ini datang dari barat untuk mempengaruhi rumah-rumah tambahan."

Kondisi diharapkan menjadi lebih menguntungkan bagi petugas pemadam kebakaran di kebakaran South Fork karena kemungkinan hujan meningkat mulai Rabu sore. Hujan yang lebih signifikan diharapkan pada Kamis dan Jumat.

Daerah sekitar Ruidoso bisa melihat total curah hujan 1 hingga 3 inci dan laju curah hujan lebih dari satu inci per jam, menurut Layanan Cuaca Nasional, yang bisa membantu pemadaman api, meskipun hujan lebat juga bisa menyebabkan banjir bandang dan aliran puing di area bekas kebakaran.

Pertumbuhan eksplosif kebakaran hutan telah didorong oleh udara yang sangat kering dan suhu tinggi. Kondisi ini mendorong Pusat Prediksi Badai untuk mengeluarkan peringatan risiko kebakaran yang meningkat di sebagian besar wilayah New Mexico, yang berarti angin dan kelembapan rendah bisa menyebabkan ancaman kebakaran meningkat.

Sebagian besar wilayah tersebut telah mengalami kekeringan ekstrem selama hampir setahun dan tenggara New Mexico adalah satu-satunya bagian di AS yang dianggap berada dalam "kekeringan luar biasa." (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat