visitaaponce.com

9.105 Orang Alami Sengatan Panas di Jepang Saat Gelombang Panas Melanda

9.105 Orang Alami Sengatan Panas di Jepang Saat Gelombang Panas Melanda
Sebanyak 9.105 orang dilarikan ke rumah sakit karena sengatan panas di Jepang melonjak empat kali lipat selama minggu terakhir(Japan news)

JUMLAH pasien yang dilarikan ke rumah sakit karena sengatan panas selama minggu hingga Minggu melonjak empat kali lipat dibandingkan minggu sebelumnya, saat suhu mencapai 40 derajat Celsius di beberapa kota di tengah gelombang panas yang menyengat, menurut data awal dari Badan Manajemen Kebakaran dan Bencana yang ditunjukkan pada hari Selasa.

Selama periode tersebut, 9.105 orang mencari perawatan darurat di rumah sakit karena dugaan sengatan panas di seluruh negeri, lebih dari dua kali lipat jumlahnya dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Mereka yang berusia 65 tahun ke atas mencapai 5.378, yang merupakan 59,1% dari total.

Baca juga : Gelombang Panas Tewaskan Puluhan Orang di India

Berdasarkan prefektur, Tokyo memiliki jumlah transportasi terkait sengatan panas terbanyak yaitu 907 kasus. Aichi berada di urutan kedua dengan 763 kasus.

Berdasarkan lokasi dari mana pasien diangkut, mereka yang ditemukan di rumahnya sendiri merupakan proporsi terbesar sebesar 37,9%, diikuti oleh di jalan umum atau trotoar, sebesar 20,6%.

Jumlah pasien kemungkinan akan meningkat dalam beberapa minggu mendatang, yang diperkirakan akan memberikan tekanan pada rumah sakit.

Baca juga : Gelombang Panas Mencapai Rekor Tertinggi, Apa Penyebabnya? 

Sebagai tindakan pencegahan, Pusat Penelitian Fisika Medis Lanjut dan TI dari Institut Teknologi Nagoya baru-baru ini meluncurkan situs web yang menyediakan perkiraan penerimaan pasien sengatan panas untuk rumah sakit di delapan prefektur termasuk Tokyo, Osaka, Aichi, Hokkaido, dan Hiroshima. Dua prefektur lagi akan ditambahkan bulan depan.

Akimasa Hirata, seorang profesor teknik mekanik dan biomedis dan direktur pusat penelitian tersebut, mengatakan bahwa perkiraan ini akan membantu rumah sakit membuat persiapan, seperti memperkirakan berapa banyak ambulans yang akan diperlukan.

Perkiraan institut ini didasarkan pada indeks suhu bola basah — yang mempertimbangkan suhu udara, radiasi matahari, dan kelembaban — serta data untuk 140.000 mantan pasien sengatan panas.

Di Tokyo, total 7.112 orang dibawa ke rumah sakit karena dugaan sengatan panas antara Juni dan September tahun lalu — yang tertinggi dalam lima tahun terakhir. Dari kasus yang dicurigai tersebut, 3.502 terjadi pada bulan Juli.

Menurut statistik dari Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo, jumlah panggilan ambulans meningkat ketika suhu mencapai antara 25 C hingga 35 C dan kelembaban berada dalam kisaran 50% hingga 80%. (Japan Times/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat