visitaaponce.com

Batal Singgah di Eropa, Netanyahu Takut Ditangkap ICC

Batal Singgah di Eropa, Netanyahu Takut Ditangkap ICC
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.(Dok. AFP)

PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu mempertimbangkan untuk singgah di Eropa dalam perjalanannya ke AS akhir bulan ini. Namun dia membatalkan rencana tersebut di tengah kekhawatiran Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) yang mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya.

Kepala jaksa ICC Kharim Khan telah meminta untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap perdana menteri Israel dan para pemimpin Hamas atas dugaan kejahatan perang, pada Mei lalu.

Sejak itu, tim hakim telah mempertimbangkan apakah ada alasan sah untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mereka. Jika hal itu terjadi, 124 negara anggota ICC wajib menangkap Netanyahu jika ia menginjak wilayah mereka.

Baca juga : ICC Perintahkan Tangkap Netanyahu, Pengamat: Belum Apa-apa Sudah Psywar

Gagasan untuk singgah di negara Eropa yang bersahabat dengan Israel, mungkin Hongaria atau Republik Ceko, muncul karena pesawat perdana menteri tidak akan mampu melakukan penerbangan trans atlantik dengan terlalu banyak penumpang dari Tel Aviv ke Washington.

Daripada singgah, tambahnya, Netanyahu akan melakukan perjalanan ke AS dengan rombongan terbatas. Dia diperkirakan akan berpidato di Kongres pada 24 Juli.

(Al Jazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat