visitaaponce.com

Hizbullah Akan Mematuhi Keputusan Gencatan Senjata Hamas dalam Konflik Gaza

Hizbullah  Akan Mematuhi Keputusan Gencatan Senjata Hamas dalam Konflik Gaza
Kepala Hizbullah, Hassan Nasrallah, menyatakan akan menerima keputusan Hamas terkait negosiasi gencatan senjata di Gaza(Unrwa)

HIZBULLAH mengatakan akan menerima keputusan gencatan senjata Hamas, mematuhi gencatan senjata.

Kepala Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan bahwa kelompoknya akan menerima keputusan Hamas tentang negosiasi gencatan senjata Gaza dan akan menghentikan serangan lintas batas terhadap Israel jika gencatan senjata tercapai.

Hizbullah telah hampir setiap hari bertukar tembakan dengan pasukan Israel sejak 7 Oktober, memicu ketakutan akan konflik besar-besaran.

Baca juga : Benjamin Netanyahu: Fase Intens Perang dengan Hamas Akan Segera Berakhir

"Hamas sedang bernegosiasi ... atas nama seluruh poros perlawanan," kata Nasrallah, merujuk pada kelompok pro-Iran regional yang menentang Israel dan Amerika Serikat.

"Apa pun yang diterima Hamas, semua orang menerima dan puas dengan itu," katanya, menambahkan, "Kami tidak meminta [Hamas] untuk berkoordinasi dengan kami karena pertempuran pertama-tama adalah milik mereka."

Pernyataan Nasrallah datang beberapa hari setelah dia bertemu dengan delegasi Hamas yang dipimpin oleh kepala hubungan luar negeri Khalil al-Hayya, dan saat pembicaraan akan dilanjutkan di Qatar menuju kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera dalam perang Gaza, yang kini memasuki bulan ke-10.

Baca juga : Hamas dan Israel Diminta Segera Terima Gencatan Senjata yang Diadopsi PBB

Nasrallah mengulangi posisinya bahwa "jika gencatan senjata tercapai, dan kita semua berharap itu ... front kita akan berhenti menembak tanpa diskusi."

"Itu adalah komitmen, karena itu adalah front dukungan dan kami telah jelas [tentang ini] sejak awal," katanya, selama pidato yang disiarkan televisi untuk memperingati seorang komandan senior Hizbullah yang terbunuh dalam serangan Israel minggu lalu.

Namun, Nasrallah memperingatkan bahwa "kami tidak akan pernah membiarkan serangan apa pun yang mungkin dilakukan musuh Israel terhadap Lebanon [bahkan] jika ada gencatan senjata di Gaza." (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat