visitaaponce.com

1,5 Bulan ke Depan, Sampah di Sungai Citarum Wilayah Batujajar Bisa Bersih

1,5 Bulan ke Depan, Sampah di Sungai Citarum Wilayah Batujajar Bisa Bersih
Petugas melakukan pembersihan sampah di aliran Sungai Citarum di wilayah Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.(MI/DEPI GUNAWAN)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat memberikan waktu 1,5 bulan untuk pembersihan sampah di aliran Sungai Citarum di wilayah Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Tumpukan sampah berada di bawah Jembatan Babakan Sapan. Meski sudah diangkut, sampah terus muncul, karena banyak tumpukan sampah berada di bawah permukaan air.

Hingga saat ini, pihak terkait mulai dari pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait terus mengupayakan pembersihan sampah.

Baca juga : Tumpukan Sampah di Aliran Citarum di Batujajar mulai Berkurang

Penjabat (Pj) Jawa Barat Bey Machmudin mengakui penanganan sampah di lokasi itu sudah membawa hasil. Dengan bantuan alat berat, sekitar 500 meter tumpukan sampah dari hulu dan hilir sudah bersih.

"Waktu 1,5 bulan masih lama. Kami ingin pembersihan sampah betul-betul
dilaksanakan dengan baik dari ujung sampai ke hilir," ungkapnya di Pemkab Bandung Barat, Senin (24/6).

Dia menambahkan penanganan Sungai Citarum berkaitan erat dengan
anggaran. Untuk itu, pihaknya akan mengumpulkan para pengusaha agar
mengucurkan dana corporate social responsibillity (CSR).

Baca juga : Penjabat Gubernur Jawa Barat Pimpin Pembersihan Sampah di Sungai Citarum Batujajar

"Nanti kami kumpulkan semua industri dan pengusaha Citarum untuk
menggunakan CSR mereka," lanjut Bey.

Upaya lainnya adalah dengan melakukan penjaringan sampah mulai dari anak Sungai Citarum oleh pemerintah daerah yang dilintasi sungai tersebut. "Mulai dari anak sungai sudah dijaring, terus dibersihkan. Nanti ada usulan per kecamatan atau per desa dijaring, jadi ketahuan mana yang sering buang sampah."

Sampah lama

Baca juga : Pemprov Jabar Tingkatkan Kebersihan Sungai Citarum


Sebelumnya, Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diterima ternyata sampah yang mengapung di Sungai Citarum mayoritas merupakan sampah lama. Gunungan sampah tersebut terbawa ke permukaan karena terdorong angin dan proses kimiawi.

"Ternyata karakteristik sampah di Citarum sebagian besar bukan sampah baru saja. Yang paling banyak itu sampah lama yang ada di dalam, sehingga saat ada angin dan proses kimiawi sampahnya naik ke atas. Jadi seolah-olah banyak sampah baru, padahal sampah lama itu," ungkapnya.

Dia menambahkan setidaknya dibutuhkan waktu sekitar sebulan lebih untuk
membersihkan sampah di Sungai Citarum secara keseluruhan. Namun untuk jangka dekat, pemerintah daerah bersama Satgas Citarum Harum serta stakeholder lainnya akan fokus untuk membersihkan sampah di kawasan
Batujajar.

"Setelah pembersihan sampah di Jembatan BBS tuntas, kami akan melanjutkan pembersihan di titik lainnya hingga sebulan lebih ke depan," jelasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat