visitaaponce.com

PT Telkom dan Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Latih Siswa Cegah Kejahatan Siber

PT Telkom dan Yayasan Pendidikan Telkom Bandung Latih Siswa Cegah Kejahatan Siber
Siswa SD mengikuti pelatihan Cyber Security Awaraness yang digelar PT Telkom dan Yayasan Pendidikan Telkom(DOK/YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM)

DALAM upaya mengenalkan cara pencegahan kejahatan cyber, PT Telkom menggelar pelatihan Cyber Security Awaraness bagi siswa SD dan SMP.

Perusahaan merangkul Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Bandung, yang akan menggelar kegiatan itu untuk sejumlah sekolah di seluruh Indonesia.

Gelaran pertama dilaksanakan di Sekolah Telkom Makassar. Pelatihan digelar dua hari untuk siswa SD dan SMP. Hari pertama diikuti 675 siswa pelajar SMP.  

Baca juga : Kejahatan Siber di Industri Sistem Pembayaran harus Dihadapi Kolektif

Asisten manajer IP dan Service Node PT Telkom Witel Makassar, Valliant Ferliyando berharap melalui pelatihan Cyber Security Awareness, para siswa semakin memahami dan menyadari akan bahaya dari kejahatan cyber. Ke depannya, mereka bisa mencegah ancaman siber yang semakin hari semakin canggih.

"Kami berharap mereka mampu meningkatkan sistem keamanan jaringan, aplikasi perangkat lunak, serta data dari potensi cyber crime. Apalagi pelaku kejahatan siber sudah memasukan pelajar sebagai sasaran tindak kriminalnya," tambahnya.

Para siswa, lanjut dia, diharapkan bisa semakin bijak dalam menggunakan media sosial, yang digunakan untuk hal yang lebih positif dan produktif. Mereka mampu mencegah kejahatan yang terjadi di media sosial.

Baca juga : Aktivitas Kejahatan Dunia Maya di Telegram Melonjak 53% pada 2024

Bermanfaat

Muhammad Fauzan Chandra Hakim, siswa SMP mengakui pelatihan ini sangat bermanfaat. "Kegiatan ini sangat seru dan menarik. Saya jadi tahu jenis-jenis virus yang ada di media sosial. Saya berterima kasih pada PT Telkom dan Yayasan Pendidikan Telkom yang telah menggelar kegiatan ini. Semoga kegiatan seperti ini semakin banyak digelar."

Kepala SD Telkom Makassar, Ta’wil juga mengapresiasi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para siswa ini. 

Baca juga : 103 WNA asal Tiongkok, Taiwan dan Malaysia Ditangkap Imigrasi Bali

"Saya mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan PT Telkom melalui CDC yang diberikan pada YPT sebagai pelaksana. Kegiatan ini sangat luar biasa. Apalagi temanya terkait penggunaan internet di usia SD. Melihat maraknya penggunaan internet secara negatif, maka kegiatan ini bisa membangun pola pikir positif terhadap penggunaan internet. Anak-anak bisa menggunakan internet secara baik, bisa menjadi cyber security yang keren di tingkat junior,” katanya.

Selain pelatihan secara langsung yang diikuti para siswa di kampus sekolah, kegiatan pelatihan juga dilaksanakan secara webinar.

Menurut  Miss Lastri, Wakil Kepala Kurikulum SD Telkom Makassar, kegiatan pelatihan sangat bermanfaat, khususnya agar siswa mengetahui cara menghadapi masalah saat berinteraksi dengan internet.

"Sekarang dunia sudah serba internet. Dengan dilaksanakan kegiatan ini anak-anak sudah dibekali pengetahuan bagaimana lebih bijak menggunakan internet dan berhati-hati menggunakannya,” tegasnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat