visitaaponce.com

5 Tahun, PLN Jawa Barat Listriki 883 Dusun

5 Tahun, PLN Jawa Barat Listriki 883 Dusun
Kantor PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat(DOK/PLN JAWA BARAT)

PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat selama 2019 hingga 2023 berhasil melakukan penyambungan listrik desa gratis bagi 883 dusun. Total pelanggan sebanyak 2.113 rumah tangga yang tersebar di Jawa Barat.

Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jabar menjelaskan dengan dibangunnya Jaringan Listrik Pedesaan seiring dengan Pertumbuhan Rasio Elektrifikasi (RE) PLN di Provinsi Jawa Barat dari 99% pada 2019 menjadi 99,99% hingga semester 1 2024.

Program listrik desa, lanjutnya, yang pendanaanya berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) ini merupakan bukti nyata kehadiran negara melalui BUMN untuk menghadirkan listrik hingga pelosok. Ini juga sebagai bentuk energi berkeadilan.

Baca juga : PLN Energi Primer Indonesia Inisiasi Program Desa Berdaya Energi di Gunung Kidul

“Listrik merupakan kebutuhan primer masyarakat. Dengan hadirnya listrik hingga ke daerah pelosok terpencil, masyarakt dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal," tambah dia.

Mulai dari anak-anak dapat belajar di malam hari, mendapat pengetahuan melalui media, aktivitas rumah tangga ibu terbantu dan sebagainya, sehinggan diharapkan kualitas dan kesejahteraan warga meningkat. Oleh karena itu, PLN UID Jabar akan terus mendukung program Lisdes.

Pada 2024, Susiana menyampaikan bahwa hingga semester 1 2024, PLN UID Jabar telah melakukan penyambungan lisdes kepada 155 pelanggan. PLN UID jabar menargetkan tahun ini, pelanggan baru yang terlistriki sebanyak 755 rumah tangga.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat