visitaaponce.com

Investor ke Daerah Wajib Berkolaborasi dengan Pengusaha Lokal dan UMKM Daerah

Investor ke Daerah  Wajib Berkolaborasi dengan Pengusaha Lokal dan UMKM Daerah
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menerima penghargaan dari Rektor IPDN Prof Hadi Prabowo(DOK/IPDN JATINANGOR)

KEMENTERIAN Investasi mendorong setiap investasi yang masuk ke daerah wajib berkolaborasi dengan pengusaha dan UMKM daerah. Upaya itu dapat membantu membangun daerah dengan adanya sumber pertumbuhan ekonomi baru.

"Dengan kerja sama itu, pengusaha daerah dan UMKM yang ada di daerah dapat memiliki peluang besar naik kelas. Mereka bisa memajukan daerah masing-masing serta dapat menahan laju urbanisasi dalam rangka pemerataan ekonomi nasional," papar Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, dalam Kuliah Umum di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (11/7).

Dia menambahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 mencapai 5,05%,  sedangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I 2024 tercatat 5,11%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023, merupakan salah satu pertumbuhan ekonomi terbaik di dunia.

Baca juga : Sibuk Tahun Politik, Peluang Investasi Terancam Terganggu

Kontribusi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, lanjutnya, dipengaruhi oleh 4 faktor yakni konsumsi, investasi, spending pemerintah dan eksport import.  "Jadi untuk itulah kita membutuhkan investasi yang kuat, yakni untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia."

Dia juga dinamika global yang mengancam perekonomian Indonesia. Di antaranya perang dagang AS-Tiongkok, pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, perang Rusia Ukraina, deflasi dan perlambatan ekonomi tiongkok, konflik Palestina Israel dan pelemahan nilai tukar rupiah.

Penghargaan

Baca juga : Tether Berkolaborasi dengan SeaSeed Network dari D3 Labs Edukasi Blockchain


Pada kesempatan itu, IPDN memberikan penghargaan Bintang Kartika Astha Brata dan Alumni Kehormatan kepada Bahlil Lahadalia. Rektor IPDN Prof Hadi Prabowo mengatakan anugerah ini diberikan atas dedikasi dan prestasi Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

"Semasa kepemimpinannya sebagai Menteri Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA) terus mengalami peningkatan," ungkapnya.

Pada 2023, realisasi investasi Indonesia sebesar Rp1.418,9 triliun. Capaian tersebut melampui target pemerintah yakni Rp1.400 triliun. Capaian ini meliputi realisasi PMA sebesar Rp744,0 triliun dan PMDN sebesar Rp674,9 triliun.

Baca juga : Pengamat Celios Nailul Huda: 3 Tahun Terakhir, Layanan Fintech P2P Lending Tumbuh Pesat

"Tahun 2023 penyerapan Tenaga Kerja Indonesia berjumlah 1.823.543 orang, ini naik sekitar 500.000 orang dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Selain investasi, untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, diperlukan pula sinergitas antara kepemimpinan transformasional yang visioner dan strategi hilirisasi yang efektif.

“Pemerintah harus memainkan peran kunci dalam menyusun kebijakan yang mendukung transformasi ekonomi dan sosial. Sementara masyarakat sipil dan sektor swasta juga berperan dalam mewujudkan visi tersebut melalui investasi dan inovasi,” tutur Hadi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat