visitaaponce.com

Anggota DPRD Bandung Barat Terpilih Pakai Joki untuk Medical Check Up

Anggota DPRD Bandung Barat Terpilih Pakai Joki untuk Medical Check Up
Seorang petugas menyiapkan alat pemeriksaan kesehatan di salah satu RSUD di Bandung.(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan menemukan tiga dari dari 50 anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat terpilih pada Pemilu 2024 memakai joki saat menjalani medical check up (MCU) sebagai persyaratan sebelum pelaksanaan pelantikan.

Direktur RSUD Cikalongwetan, Wishnu Pramulo mengatakan, pelaksanaan
pemeriksaan MCU telah berlangsung sekitar sepekan lalu. Temuan joki anggota DPRD ini diketahui setelah tim medis melihat perbedaan foto KTP dan wajah orang yang dites.

"Kita khawatir ada masalah di kemudian hari. Pihak rumah sakit berkoordinasi dengan pengurus partai untuk klarifikasi. Akhirnya 3 dewan bersangkutan datang langsung untuk MCU ulang," kata Wishnu, Kamis (11/7).

Baca juga : Anggota Terpilih DPRD Bandung Barat masih Diisi Wajah Lama

Dari hasil pemeriksaan MCU terhadap ketiga orang calon anggota DPRD
tersebut, ia menyatakan, mereka dinyatakan lolos. "Kita minta datang lagi untuk periksa MCU dari awal. Sekarang sudah clear semua," ujarnya.

Koordinator Humas RSUD Cikalongwetan, Suherlan menjelaskan, kasus joki MCU anggota DPRD ini dilakukan oleh tim suksesnya. Mereka ketahuan saat cek fisik dengan dokter di RSUD Cikalongwetan.

"Saat pemeriksaan identitas oleh dokter terdapat kejanggalan karena foto di KTP tidak sesuai dengan wajah asli. Jokinya juga kelihatan seperti bingung," tuturnya.

Baca juga : Perkuat Agensi perempuan, Ciptakan Iklim Ekosistem Perangi Korupsi

Tak hanya itu, lanjut dia, joki tersebut juga menolak menandatangani berita acara pernyataan dan segera meninggalkan tempat. Merasa ada yang tidak beres, pihaknya segera menghubungi koordinator partai.

Lalu terungkap oleh koordinator partai yang menyebutkan bahwa anggota DPRD yang bersangkutan sedang berhalangan hadir dan ada keperluan lain di luar. MCU penting dan wajib dihadiri oleh semua calon anggota
DPRD terpilih.

"Administrasi MCU terdiri dari tiga bagian, cek fisik, tes urine, tes
rohani, jasmani, dan wawancara. Oknum anggota DPRD KBB yang memakai joki harus bayar administrasi kembali, pihak yang bersangkutan memahami dan melakukan pembayaran serta MCU ulang," ungkapnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat