visitaaponce.com

Ciri-ciri Kanker Payudara, ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Kanker Payudara, ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi, berikut penyebab danb ciri-ciri kanker payudara(freepik)

KANKER menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan dan mematikan. Salah satunya adalah kanker payudara yang dialami oleh perempuan.

Kanker ini adalah kanker yang tumbuh pada bagian payudara. Bahkan, untuk cirinya kalian bisa mngenali secara langsung. Akan banyak keanehan yang terjadi jika mengidap kanker payudara.

Payudara kalian akan tumbuh tidak normal dari biasanya, bahkan pertumbuhannya pun tidak biasa. Sel kanker tersebut akan membelah dan berkembang dengan cepat pada jaringan yang ada di sekitar payudara.

Baca juga : 7 Penyebab Kanker Payudara, Begini Gejalanya

Lebih parahnya, jika sel tersebut sudah sangat besar, maka jaringan lainnya yang ada di dalam tubuh bisa terkena kanker. Untuk perempuan, biasanya kanker payudara ini tumbuh di kelenjar susu dan sluran yang mengaliri air susu ke puting.

Untuk mengetahui bentuknya kanker payudara ini seperti lemak berupa jaringan yang ada di dalam payudara. Maka dari itu jika pertumbuhannya tidak normal baiknya kalian periksa ke dokter.

Ciri-ciri Kanker Payudara

  • Puting payudaya berubah
  • Benjolan di ketiak
  • Warna kulit payudara berubah
  • Benjolan di payudara

Biasanya setiap pengidap memiliki ciri-ciri yang berbeda. Namun dari keempat ciri di atas selalu terjadi pada penderita kanker payudara.

Baca juga : Ini Gejala dan Penyebab Kanker Payudara, Berikut Cara Mengobatinya

Untuk kanker payudara ini disebabkan oleh banyak faktor. Terutama kanker payudara disebabkan oleh genetik.

Selain itu pla hidup dan makan yang tidak baik juga bisa membuat kanker payudara muncul. Maka dari itu kalian perlu mengatur kembali pola makan dan pola hidup agar sehat.

Penyebab Kanker Payudara

  • Obesitas
  • Terapi hormonal jangka panjang
  • Riwayat keluarga yang punya kanker payudara
  • Perempuan yang tidak punya anak
  • Perempuan yang tidak menyusui
  • Melahirkan di atas 30 tahun
  • Riwayat operasi tumor
  • Tidak pernah olahraga
  • Makan makanan berlemak
  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Menstruasi di bawah 12 tahun
  • Menopause di atas 55 tahun

Dari penyebab-penyebab di atas tentunya bisa kalian ketahui dari hasil diagnaosa dokter. Kalian bisa melakukannya jika dirasa ada ciri-ciri yang terjadi dan dialami.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Penuaan Dini untuk Perempuan

Untuk mendiagnosa kanker payudara ini terdapat beberapa cara. Pastinya dokter akan melakukan wawancara medis terlebih dahulu kepada kalian.

Nantinya dokter akan menanyakan soal pola makan, pola hidup hingga riwayat penyakit tersebut. Dari hasil diagnosa tersebut maka dokter bisa melakukan pemeriksaannya.

Beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosa kanker payudara ini bisa melalui biopsi payudara, MRI payudara, pemeriksaan mamografi, pemeriksaan USG payudara.

Baca juga : Cara Mengobati Kanker Payudara Stadium 4

Lalu ada pemeriksaan fisik payudara baik secara medis dan klinis, sampai ke daerah leher dan ketiak untuk mengetahui semua ciri atau gejala kanker payudara tersebut.

Untuk kanker payudara ini bisa kalian cegah dengan dua cara. Namun cara tersebut bisa dilakukan jika kanker payudara sudah diketahui.

Cara Mencegah Kanker Payudara

  • Pemeriksaan payudara klinis (mamografi untuk perempuan di atas 40 tahun)
  • Pemeriksaan payudara sendiri

Tak hanya itu, kanker payudara juga bisa kalian sembuhkan dengan berbegai cara. Tetapi tentu saja cara ini membutuhkan biara yang tidak sedikit.

Beberapa cara mengatasi kanker payudara ini bisa kalian lakukan dengan jangka panjang atau secara langsung.

Cara Mengatasi Kanker Payudara

1. Radioterapi

Cara yang pertama ini dilakukan dengan sinar-X bertenaga sangat tinggi. Sinar-X tersebut akan mengobati dan mengurangi sel kanker payudara.

Dengan menggunakan sinar-X maka sel kanker payudara akan mati. Bahkan, untuk pertumbuhannya pun akan menjadi terhambat.

2. Kemoterapi

Lalu kemoterapi ini cara pengobatan dengan obat-obatan. Fungsinya agar memperhambat pertumbuhan sel kanker dan mengecilkan ukurannya.

Untuk kemoterapi ini dilakukan sebelum kalian menjalani operasi kanker payudara. Selain itu bisa juga kemoterapi ini dilakukan setelah menjalani operasi.

3. Terapi Target

Cara ketiga adalah terapi target yang dimana pengobatan ini dilakukan khusus bagi pengidap kanker. Terapi ini juga akan menargetkan sel kanker di tubuh kalian dengan pengobatan khusus.

Obat atau zat lainnya akan ditargetkan untuk menghalangi sel kanker agar tidak bisa menumbuh dan membelah menjadi bersar dan meluas.

4. Terapi Hormon

Selanjutnya adalah terapi hormon. Cara ini dilakukan untuk menghentikan atau memblokir hormon estrogen.

Hormon tersebut merupan yang terhubung dengan sel kanker payudara. Maka dari itu denbgan menggunakan metone ini sel kanker menjadi bisa dikendalikan.

5. Operasi

Cara yang terakhir adalah melakukan operasi kanker payudara. Operasi ini dilakukan untuk menbgangkat jaringan payudara yang sudah ditumbuhi sel kanker.

Lalu mengangkat jaringan payudara, serta kelenjar getah bening. Dan bisa mengembalikan bentuk payudara kalian seperti nmormalnya.

Dari hal-hal mengenai kanker payudara di atas, baiknya kalian lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami ciri atau gejala seperti yang dijelaskan. (Z-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat