visitaaponce.com

Ini Resep Es Krim Anti Meleleh yang Ditemukan Sekelompok Ilmuwan

Ini Resep Es Krim Anti Meleleh yang Ditemukan Sekelompok Ilmuwan
Ilustrasi ice cream.(Dok. Freepik)

BAGI sebagian orang tantangan terbesar menikmati es krim adalah waktu melelehnya yang cepat. Namun, baru-baru ini sekelompok ilmuwan menemukan resep untuk menjaga es krim agar tidak meleleh selama 4 jam.

Para peneliti dari University of Wisconsin-Madison, AS, melakukan sebuah pengamatan dengan upaya agar menemukan cara untuk membuat sebuah es krim dapat bertahan dalam bentuknya lebih lama.

Dalam penelitian tersebut, seorang mahasiswa doktoral bidang ilmu pangan dari Universitas Wisconsin-Madison Cameron Wicks, sedang mengembangkan teknologi baru yang menambahkan senyawa alami atau bahan aktif polifenol ke dalam es krim. Bahan ini merupakan komponen rahasia yang diharapkan dapat mencegah es krim agar tidak mudah meleleh.

Baca juga : Catat! Ini Resep Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker

"Jika makan es krim biasa, es krim akan langsung berubah menjadi cair. Namun, kami mengetahui bahwa menambahkan polifenol ke dalam es krim dapat menghasilkan produk yang dapat mempertahankan bentuknya selama lebih dari empat jam pada suhu ruangan. Itu cukup mendekati es krim yang tidak meleleh," kata Wicks.

Polifenol sendiri adalah senyawa yang dapat ditemukan di dalam beberapa bahan makanan secara alami seperti pada teh hijau dan buah beri.

Lebih lanjut, Wicks mengatakan untuk mendapatkan fungsi efektif polifenol harus digabungkan dengan lemak dan protein. Artinya, polifenol membantu es krim mempertahankan bentuknya, sehingga adanya tetesan es yang terdapat pada es krim di suhu ruangan menjadi lebih sedikit.

Baca juga : Olahan Daging Sapi, Resep Bakso Enak dengan Kuah Segar

Selain itu, polifenol memiliki efek yang sama seperti zat penstabil yang sudah digunakan dalam es krim. Zat penstabil ini membantu meminimalkan pertumbuhan kristal es dalam es krim dan menjaga kualitasnya selama penyimpanan sehingga lebih tahan lama selama proses pengiriman jarak jauh. Namun para peneliti masih berusaha menemukan polifenol alami yang memiliki sifat mirip dengan polifenol buatan.

Ada harapan bahwa teh hijau dan buah beri dapat digunakan. Selain menjaga es krim tetap beku, bahan-bahan tersebut juga dikenal bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Sayangnya, resep ini belum diperbolehkan untuk diedarkan atau diterapkan di banyak toko es krim yang berbeda. Untuk menghindari efek samping atau kemunduran lainnya, sekelompok penelitian mengaku masih memerlukan proses observasi yang lebih mendalam.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat