visitaaponce.com

Kasus TBC di Kota Padang Tinggi, Didominasi Usia Remaja hingga Dewasa

Kasus TBC di Kota Padang Tinggi, Didominasi Usia Remaja hingga Dewasa
Ilustrasi, Tenaga kesehatan menunjukkan hasil rontgen thorax salah satu pasien di RSUD Kota Tangerang, Banten(ANTARA FOTO/Fauzan)

PJ Sekda Kota Padang, Yosefriawan mengatakan, pada tahun 2024 Kota Padang diestimasikan terdapat 4.838 kasus TBC, namun yang telah ditemukan per Juli ini baru sebanyak 2.122 kasus TBC.

Sebanyak 16,4 persen kasus berasal dari luar kota, sedangkan sekitar 83 persen (1.773 kasus) berasal dari dalam kota yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kota Padang.

Menurut kelompok umur, kasus TBC ini sebanyak 20 persen terjadi pada anak usia 0-14 tahun, 80 persen terjadi pada usia 15 tahun keatas atau dari remaja sampai dewasa.

"Kita bersyukur tingkat keberhasilan pengobatan TBC di Kota Padang cukup tinggi pada 2023 lalu. Untuk yang menyelesaikan pengobatan sebanyak 90,4 persen, putus berobat 5,4 persen, meninggal 3,5 persen, pindah 0,5 persen, dan gagal pengobatan 0,2 persen," ucapnya, Kamis (11/7).

Ia juga meminta kepada pihak kecamatan untuk selalu berkoordinasi dengan Puskesmas setiap kali menggiatkan penjaringan penyakit TBC, dan menindaklanjuti pasien TBC yang belum mau minum obat dan yang putus obat. (YH)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat