visitaaponce.com

Petani Semangka Inul di Sidoarjo Gigit Jari, Harga Anjlok saat Panen

Petani Semangka Inul di Sidoarjo Gigit Jari, Harga Anjlok saat Panen
Petani Semangka Inul Gigit Jari, Harga Anjlok saat Panen.(Dok. MI)

PARA petani semangka inul di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, harus gigit jari. Lantaran di tengah hasil panen tahun ini yang melimpah, harganya justru anjlok hanya Rp6 ribu per kilogram.

Belasan petani semangka inul di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo itu terlihat memanen semangka di lahan seluas 25 hektare. Semangka yang mereka panen adalah semangka inul, yang memiliki bentuk lonjong dan warna daging buah kuning.

Para petani mengaku, hasil panen semangka inul mereka tahun ini sebenarnya sangat bagus. Bahkan ada peningkatan karena hasil panen mencapai 15 ton, dibandingkan tahun lalu hanya 10 ton.

Baca juga : Seret Permodalan, SRG di Bantul Kalah dengan Tengkulak

Namun meski ada peningkatan, petani mengaku tidak mendapatkan keuntungan maksimal. Lantaran harga semangka inul anjlok hanya Rp6 ribu per kilogram. Saat panen tahun lalu, harganya Rp8 ribu hingga Rp8.500 per kilogram.

"Anjloknya harga ini kemungkinan karena hasil panen semangka tahun ini memang melimpah. Tidak hanya semangka, harga buah melon juga anjlok," kata Wawan, salah satu petani, Kamis (11/7).

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat