visitaaponce.com

Waspada Malang Jadi Pasar Narkotika Jenis Baru

Waspada! Malang Jadi Pasar Narkotika Jenis Baru
Ilustrasi, tembakau gorila.(Dok. Medcom.id)

NARKOTIKA jenis baru beredar di wilayah Malang, Jawa Timur, sejalan dengan tren maraknya perokok dan peningkatan industri rokok. Barang haram itu berupa pil dan tembakau gorila, serta ganja sintetis. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur 2 Agus Sudarmadi, Kamis (11/7).

"Narkotika jenis baru berupa ekstasi dan tembakau gorila berbahan kimia. Ada juga ganja sintetis dipakai konsumen saat merokok," tegas Agus Sudarmadi.

Agus menjelaskan Malang dan sekitarnya menjadi pasar potensial narkotika jenis baru ini ada kemungkinan karena banyaknya pabrik dan perokok. Karena itu, pihaknya akan melakukan kajian terkait hal itu. Ironisnya, barang ilegal itu diduga sudah digunakan oleh para pemakai berusia muda saat merokok.

Baca juga : Pondok Pesantren di Jawa Timur Terpapar Narkoba

"Bahaya tembakau gorila itu merusak generasi muda bangsa," katanya.

Baru-baru ini, Bea Cukai dan Polri mengungkap clandestine laboratory atau laboratorium gelap narkoba di Kota Malang. Pabrik narkoba itu disebut terbesar dan tercanggih yang pernah diungkap oleh petugas Bea Cukai dan Polri.

Dari hasil penyelidikan, bahan bakunya dari impor. Adapun pelakunya melibatkan orang Cina dan Malaysia. Kini, aparat masih mengembangkan kasus itu.

Selama periode Januari-Juni 2024, Bea Cukai Jatim 2 melakukan penindakan 636 kasus. Sebanyak 613 kasus di antaranya pelanggaran cukai. Adapun kasus narkotika dan psikotropika sebanyak 22 penindakan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat