visitaaponce.com

Pesta Demokrasi Kabupaten Bogor Mulai Terasa, Jaro Ade Diunggulkan

Pesta Demokrasi Kabupaten Bogor Mulai Terasa, Jaro Ade Diunggulkan
Salah satu kandidat Bupati Bogor mencalonkan diri ke parpol.(Dok.Istimewa)


IKLIM pesta demokrasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kian terasa. Baliho wajah-wajah para calon Bupati Bogor 2024 menghiasi setiap ruas jalan mulai dari perkotaan hingga pelosok desa Kabupaten Bogor.

"Ikhtiar politik yang dilakukan para bakal calon Bupati Bogor sudah sangat terasa bahkan semakin panas. Mulai dari alat peraga kampanye hingga safari politik ke setiap partai politik sudah dilakukan para bakal calon Bupati Bogor," ujar Direktur Eksekutif LS Vinus Yusfitriadi.

Menurut dia, calon satu-satunya dari Partai Golkar Ade Ruhandi alias Jaro Ade merupakan kandidat terkuat dengan menduduki posisi teratas hasil survei LS Vinus dengan meraih angka 35,56%, mengungguli calon Bupati Bogor lainnya.

Baca juga : Pilkada Kota Tangerang, Kedekatan Andri Permana dengan Kaum Muda Patut Diperhitungkan

"Jaro Ade kandidat terkuat untuk Pilkada Kabupaten Bogor 2024 ini, karena tokoh politisi Golkar ini punya modal pengalaman saat dirinya maju dalam Pilbup 2018 lalu, dan selalu merawat kantong-kantong suaranya," tutur Bang Yus sapaan akrabnya.

Karier pejalanan politik Jaro Ade hingga menjadi tokoh di Kabupaten Bogor dimulai dari kepala desa hingga Ketua DPRD Kabupaten Bogor.
Setiap hajat demokrasi pemilihan presiden, ia selalu ditunjuk menjadi ketua tim pemenangan untuk wilayah Kabupaten Bogor, seperti dilakukan saat berkontribusi memenangkan Prabowo-Gibran di Kabupaten Bogor.

Kedewasaan berpolitik Jaro Ade juga, kata dia, ditunjukkan dengan menghormati semua mekanisme partai politik. Jaro Ade mendaftarkan dirinya ke setiap parpol sebagai bakal calon Bupati Bogor 2024.

Baca juga : Pilkada Kota Bogor, NasDem Siap Dukung Sespri Iriana Jokowi

"Hampir semua partai politik yang membuka pendaftaran calon bupati Bogor 2024, Jaro Ade mendaftarkan dirinya, karena beliau satu-satunya figur yang mendapat surat tugas langsung dari DPP Golkar," terangnya.

Sedangkan, sambung dia, calon dari partai politik lainnya tidak mengambil formulir dan mendaftarkan diri. Dia pun mencontohkan, partai Gerindra hingga saat ini belum menunjuk figur yang akan maju di Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

Kendati demikian, terang Yusfitriadi, kemungkinan-kemungkinan bisa terjadi dalam politik. Waktu tersisa kurang dari dua bulan untuk mendaftarkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2024 ke KPU.

Baca juga : Pemerintah dan DPR Diminta Percepat Pergantian Komisioner KPU

"Mungkin saja Gerindra sudah menunjuk figur yang bakal maju di Pilbup Bogor 2024 ini. Pun demikian dengan PPP mungkin sudah mengeluarkan rekomendasi, hanya mereka belum membukanya, kita tunggu saja nanti," pungkas Yusfitriadi.

Sebelumnya, lembaga Charta Politika Indonesia merilis hasil survei elektabilitas calon Bupati Bogor 2024. Hasilnya, nama Ade Ruhandi atau Jaro Ade berada di posisi teratas.

Dalam survei simulasi banyak nama tersebut, Jaro Ade mendapatkan elektabilitas tertinggi. Di bawah Jaro Ade, ada nama anggota DPR Elly Rachmat Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

"Nama Ade Ruhandi (30,0%) mendapatkan elektabilitas tertinggi ketika dilakukan pertanyaan secara tertutup,” kata Peneliti Charta Politika Ardha Ranadireksa..

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat