visitaaponce.com

Jokowi Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Istana

Jokowi Lepas Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Istana
Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka.(Dok. MI)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/7). Kontingen ini terdiri atas 29 atlet.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini secara resmi saya berangkatkan tim Indonesia menuju Olympic Games ke-33 Paris tahun 2024," kata Jokowi, Rabu.

Dia memahami bahwa seleksi untuk menjadi anggota delegasi untuk bertanding di olimpiade sangat ketat. Mereka adalah atlet yang diseleksi secara ketat, dan merupakan atlet pilihan. Oleh karena itu, ia meminta para atlet yang akan bertanding untuk mempersiapkan diri.

Baca juga : Jokowi Lepas Kontingen Atlet Olimpiade Paris 2024 Pekan Ini

"Persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding. Dan harapan kita semuanya semoga kita berhasil dan menang dan membawa pulang medali," kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengingatkan, bahwa lawan di olimpiade adalah yang terbaik di seluruh dunia. Ia pun memahami lawan itu sangat berat dihadapi.

Presiden juga berpesan agar para atlet selalu optimistis.

Baca juga : Presiden: Indonesia Minimal Juara Dua di Klasemen Akhir SEA Games 2023

"Saya pesan bahwa semuanya harus optimis, bertanding dengan penuh semangat. Saudara-saudara pasti tahu apa yang diinginkan Indonesia, rakyat menginginkan bendera merah putih dikibarkan di arena olimpiade," kata Jokowi.

Sebelumnya, kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 dikukuhkan lebih dulu di Auditorium Kemenpora pada Rabu (10/7). Sebanyak 29 atlet dari 12 cabang olahraga akan mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Pengukuhan ini dihadiri para atlet, pelatih, ketua federasi cabang olahraga yang berlaga di Olimpiade Paris, Menpora, Ketua Olimpiade Indonesia, serta Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.

Baca juga : Besok, Presiden Dijadwalkan Lepas Atlet Olimpiade Paris 2024

Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora ke CDM Kontingen Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet.

Tidak lama setelah itu, para atlet mencium bendera Merah Putih satu per satu diiringi lagu "Bagimu Negeri".

"Dalam pertandingan, saya percaya kemenangan menyertai orang-orang yang pantang menyerah," kata Menteri Olahraga Dito Ariotedjo. 

Baca juga : Ini Daftar Lengkap 29 Atlet Indonesia yang Lolos Olimpiade Paris 2024

"Kami mendukung sepenuhnya Kontingen Indonesia di Olimpiade ke-33 Paris 2024. Ini adalah langkah puncak setelah Asian dan SEA Games. Tunjukkan Indonesia adalah negara besar," ujarnya.

Olimpiade XXXIII akan dimulai dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Upacara pembukaan dalam perhelatan Olimpiade musim panas kali ini berbeda, untuk pertama kali tidak akan berlangsung di dalam stadion.

Berikut ini cabang olahraga perwakilan Indonesia pada Olimpiade Paris 2024:

Panahan: 4 orang

Panjat tebing: 4 orang

Senam artistik: 1 orang

Menembak: 1 orang

Selancar ombak: 1 orang

Angkat besi: 3 orang

Dayung: 1 orang

Balap sepeda: 1 orang

Bulu tangkis: 9 orang

Judo: 1 orang

Atletik: 1 orang

Renang: 2 orang

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat