visitaaponce.com

Bahaya Pakai Master Rem KW, Begini Cara Membedakannya

Bahaya Pakai Master Rem KW, Begini Cara Membedakannya
Ilustrasi, berikut bahayanya menggunakan master rem KW(freepik)

MEMILIH dan menggunakan part motor baiknya memakai prodak asli atau bawaan dari kendaraan itu sendiri. Karena jika kalian tidak menggunaka prodak original untuk part motor akan berakibat fatal.

Salah satu partnya adalah sistem pengereman. Sama seperti sistem kelistrikan, pengereman juga tidak boleh kalian coba untuk merubah bahkan memacam-macaminya.

Sistem pengereman terdiri dari kampas, master rem, piringan hingga minyak rem. Namun diantara semua itu master rem yang memiliki peran sangat penting.

Baca juga : Hati-hati! Ini Bahayanya jika Master Rem Motor Bocor

Maka dari itu kalian jangan coba-coba untuk mengganti-gantinya dengan barang KW atau palsu. Sistem pengereman adalah hal yang sangat sensitif.

Terlebih lagi sistem pengereman ini juga menjadi faktor utama untuk keselamatan pengendara di jalanan. Jika kalian mengganti master rem dengan yang KW maka akan berdampak fatal.

Bahaya Pakai Master Rem KW

1. Mudah Rusak

Bahaya yang pertama adalah master rem akan mudah rusak. Tentu saja hal ini berbeda dengan asli, yang KW tidak akan bisa tahan lama saat digunakan.

Baca juga : 7 Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli, ini Ciri-cirinya

Seal pada master rem KW ini akan mudah jebol saat digunakan. Dampaknya pun akan membesar, seperti kebocoran minyak rem hingga tidak fungsi atau blong.

2. Minyak Rem Bocor

Selanjutnya adalah minyak rem akan bocor jika menggunakan yang KW. Kualitas dari master rem KW ini sangatlah tidak bagus. Bahkan sampai ke part lainnya pun, seperti selang dan tabung.

Kebocoran minyak rem ini dikarenakan selang yang menghubungkan antara tabung minyak rem menuju master rem tidak bagus. Kasus ini kerap kali terjadi kepada pengguna KW.

Baca juga : Bahaya Mesin Motor Pakai Oli Palsu, Begini Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

3. Tidak Berfungsi

Lalu yang terakhir adalah sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik. Bahkan yang lebih parahnya rem motor kalian akan blong.

Hal tersebut dikarenakan kualitas dari master rem KW ini sangatlah buruk, sehingga akan berpengaruh terhadap performa saat dipakai.

Dari tiga bahaya tersebut, tentunya kalian juga harus mengetahui master rem yang KW dan asli sebelum membelinya.

Baca juga : 5 Akibat jika Motor Alami Turun Mesin

Cara membedakan master rem KW dan asli tidaklah sulit. Namun kalian jangan terkecoh oleh ego dan penjualnya.

Master rem KW bisa kalian ketahui tidak hanya dari kasat mata saja, namun dari beberapa segi lainnya pun sudah pasti ketahuan barang tersebut adalah palsu.

Cara Bedakan Master Rem KW dan Asli

1. Harga

Cara yang pertama adalah dilihat dari harganya. Untuk harga master rem KW ini tentu bakal jauh lebih murah dari asli.

Untuk harga master rem KW biasanya setengahnya lebih murah dari barang asli. Mereka juga menjualnya bebas di bengkel-bengkel.

2. Duplikasi Barang Asli

Selanjutnya, master rem KW ini diduplikasi dari master rem yang asli. Semuanya tampak sama percis dengan yang asli, namun tentunya ada beberapa yang dibedakan.

Biasanya pembedanya ada pada bahan, font nama, harga, warna hingga beratnya.

3. Warna

Cara ketiga adalah warna yang bisa menentukan asli dan palsunya master rem. Biasanya master rem yang asli hanya mengeluarkan beberapa warna saja saat produksi.

Namun master rem KW biasanya akan mengguanakan warna lainnya yang tidak dikeluarkan oleh pabrikan asli. Bahkan, biasanya warnanya akan lebih terang atau mencolok.

4. Kualitas

Lalu yang terakhir adalah kualitasnya sangat berbeda jauh. Kualitas ini bisa kalian lihat dari kasat mata saja. Hanya dengan memegang master rem KW saja kalian sudah tahu itu adalah palsu.

Bahkan, bagian part-part lainnya yang ada di master rem juga tidaklah bagus dan mudah rusak.

Dari bahaya dan ciri di atas baiknya kendaraan kalian digunakan part yang asli agar bisa awet dan kualitasnya tahan lama saat digunakan. (Z-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat