visitaaponce.com

Toyota Perluas Jaringan Charging Station di Lokasi Strategis

Toyota Perluas Jaringan Charging Station di Lokasi Strategis
(Ilustrasi) Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaran Listrik Umum (SPKLU) di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (6/7/2024)(ANTARA/Yudi Manar)

PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menambah fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot. Kini, fasilitas tersebut hadir di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan.

Fasilitas ini menambah jumlah total Ultra Fast Charging spot Toyota menjadi 4 titik. Sebelumnya, fasilitas serupa telah hadir di beberapa area publik dengan lokasi strategis yaitu di ASHTA Mall Jakarta, Rest Area KM 456A, dan Rest Area KM 695A.

Selain di area publik tersebut, ada juga 111 diler dengan charging spot termasuk 3 yang menggunakan Ultra Fast Charger di cabang Toyota wilayah Semarang, Yogyakarta, dan Banda Aceh.

Baca juga : 1.470 SPKLU Disiagakan PLN untuk Layani Kendaraan Listrik Selama Liburan Idul Adha

Dengan total 115 titik di diler dan area publik, fasilitas charging spot Toyota yang semakin lengkap dan terhubung di berbagai lokasi pilihan yang strategis. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat pengguna Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota dapat berkendara tanpa khawatir daya baterai habis di jalan.

Charging spot dibangun supaya pelanggan BEV dan PHEV Toyota serta Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety atau rasa khawatir daya baterai habis sebelum mencapai tujuan. Fasilitas charging spot di dealer resmi Toyota berusaha meng-cover pelanggan di wilayah perkotaan, ditambah fasilitas serupa di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa untuk mobilitas antarkota, bersama Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di mal besar di Jakarta untuk melayani area lifestyle," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, pekan lalu.

Menurutnya, TAM akan terus menghadirkan fasilitas charging spot di berbagai lokasi strategis untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan kendaraan elektrifikasi.

Baca juga : Masifkan Kendaraan Listrik, Indonesia Bisa Efisiensi Energi Hingga 7,23 Juta Ton CO2 Emisi

Saat ini, charging spot di outlet resmi Toyota terdapat di berbagai wilayah. Rinciannya, 16 titik di Pulau Sumatera, 85 titik di Pulau Jawa, 1 titik di Pulau Kalimantan, 7 titik di Pulau Sulawesi, dan 2 titik di Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Jumlah tersebut sudah mencakup 34% dari total 329 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia.

Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW, sementara DC Ultra Fast Charging (UFC) berdaya 120 kW tersedia di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul Yogyakarta, Nasmoco Majapahit Semarang, dan 150kW di Dunia Barusa, Banda Aceh. Rencananya, Toyota akan terus menambah fasilitas charging spot di banyak area lain, mengingat antusiasme masyarakat yang kian meningkat seiring semakin populernya xEV Toyota.

Untuk menunjang mobilitas antarkota serta menambah daya jelajah BEV dan PHEV lebih jauh lagi lagi, Toyota mengoperasikan UFC di Rest Area KM 456A Salatiga-Surabaya berkolaborasi dengan PLN dan Rest Area KM 695A Jombang-Surabaya Jalan Tol Trans Jawa. Fasilitas yang disediakan berupa 1 unit Ultra Fast Charging yang dilengkapi 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Toyota.

“TAM berkomitmen membangun Toyota xEV Ecosystem berupa charging spot yang tersebar luas, mulai dari outlet Toyota di berbagai lokasi strategis perkotaan, pusat perbelanjaan besar sebagai spot lifestyle, hingga rest area jalan tol untuk menunjang mobilitas jarak jauh. Charging spot ini memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV dan PHEV Toyota serta Lexus sekaligus mendukung mobilitas pelanggan hingga ke berbagai wilayah,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Hiroyuki Oide. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat