visitaaponce.com

Jelang GIIAS 2024, Ini Panduan Membeli Mobil Baru

Jelang GIIAS 2024, Ini Panduan Membeli Mobil Baru
Pengunjung dan undangan memadati pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Serpong, Tangerang.(MI/RAMDANI)

PAMERAN otomotif dinilai menjadi waktu tepat untuk membeli mobil baru karena beragam pilihan mobil dan promo menggiurkan yang lebih mudah ditemui. Salah satunya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang akan digelar pada 18-28 Juli mendatang.

Dengan banyaknya opsi mobil yang tersedia, calon konsumen perlu navigasi yang mudah sebelum mengambil keputusan pembelian.

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel memberikan panduan dalam memilih mobil mulai dari perencanaan, riset, test drive, konsultasi layanan purnajual, serta memanfaatkan promo khusus.

Baca juga : Suzuki Ulas Teknologi Jimny bersama Pelajar SMK Fadilah Utama

Menurut Harold, perbedaan kebutuhan setiap calon pelanggan turut berpengaruh pada pemilihan mobil. Urutan panduan berikut memberikan kemudahan serta dapat memberikan rasa yang lebih aman pada pengambilan keputusan.

1. Pastikan kebutuhan dan tentukan budget sesuai kondisi keuangan

Keberagaman pilihan mobil baru menyajikan fungsi, teknologi maupun fitur yang terkadang menggiurkan, tetapi hanya menjadi pelengkap dari kebutuhan dasar. 

Baca juga : Ini Tips Agar Anda Terhindar dari Kejahatan Selama Berkendara

Sebelum memutuskan membeli mobil baru, calon konsumen sebaiknya memahami inti kebutuhan dasar dan rencana penggunaannya karena dapat berpengaruh pada anggaran yang akan dikeluarkan.

"Pastikan dana tabungan bisa dialokasikan untuk uang muka ditambah asuransi, hingga pelunasan yang bisa dilakukan secara tunai atau melalui cicilan. Setelah itu, buatlah daftar pilihan mobil sesuai kriteria kebutuhan dan anggaran agar lebih mudah melakukan seleksi," kata Harold dalam keterangan resmi, Rabu (10/7).

2. Melakukan riset melalui ulasan media ternama serta kredibel

Baca juga : 5 Tips Berkendara Aman dan Nyaman saat Liburan

Menurut Harold, perkembangan media saat ini memudahkan pencarian informasi mengenai ulasan dan rekomendasi dari mobil secara lebih objektif. 

Riset melalui media berguna untuk mendapatkan berbagai sudut pandang baik dari fitur, teknologi, fungsi, biaya, hingga jaminan purnajual sebagai tambahan bahan pertimbangan.

"Di tengah maraknya isu hoaks karena kemudahan masyarakat untuk mengakses internet, sangat penting memperhatikan sumber bacaan ketika melakukan riset agar informasi diterima secara valid. Suzuki menyarankan para calon pelanggan untuk mempercayakan artikel ulasan dari media ternama serta teruji kredibilitasnya," jelasnya.

Baca juga : Ini Cara Mengetahui Apakah Wiper Mobil Anda Sudah Usang

3. Lakukan test drive untuk menyesuaikan dengan karakteristik pengguna

Melakukan test drive sangat disarankan karena calon pelanggan dapat menguji kinerja mesin, transmisi, maupun kelengkapan fitur lainnya guna memberikan pengaruh pada kenyamanan juga kepuasan berkendara. 

Melalui test drive, calon pelanggan bisa sekaligus mempelajari hingga mengevaluasi fitur-fitur pada mobil yang diinginkan agar sesuai dengan ekspektasi maupun karakteristik pengguna.

4. Tanyakan biaya perawatan dan keberadaan bengkel resmi kepada wiraniaga

Setiap pelanggan tentu berharap dapat menggunakan mobilnya dalam jangka waktu panjang. Salah satunya melalui perawatan secara periodik. 

"Sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa layanan aftersales telah sesuai dengan kebutuhan dan dapat diakses dengan mudah serta dengan biaya terjangkau," kata Harold.

5. Manfaatkan momentum tepat untuk mendapatkan promo berlimpah

Setelah melakukan keempat tahapan penting, selanjutnya adalah menentukan saat yang tepat untuk membeli mobil baru. Berbagai brand yang berpartisipasi pada pameran seperti GIIAS biasanya menghadirkan promo berlimpah bagi calon pelanggan. Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk meraih lebih banyak keuntungan bahkan hadiah menarik.

Harold mengatakan pameran GIIAS yang diadakan setiap tahun sering dimanfaatkan pengunjung untuk membeli mobil baru impiannya. 

“Memutuskan membeli mobil baru butuh beragam pertimbangan namun semua itu bisa direncanakan. Menjelang GIIAS 2024, sejumlah masyarakat sudah memiliki rencana untuk pembelian. Agar calon pelanggan lebih mudah menjatuhkan pilihan paling tepat, kami memberikan panduan termudah dan komprehensif,” tutup Harold. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat