visitaaponce.com

6 Penyebab Motor Boros Bensin, ini Cara Mengatasinya

6 Penyebab Motor Boros Bensin, ini Cara Mengatasinya
Petugas SPBU sedang melayani konsumen/pengendara sepeda motor.(MI/Supardji Rasban)

MEMILIKI kendaraan motor tetapi banyak kendala saat dikendarai, terutama untuk jarak jauh pastinya menjadi suatu masalah bagi pemiliknya.

Salah satunya yang sering terjadi adalah malasah bahan bakar yang boros. Motor yang mengkonsumsi bensin banyak ternyata bukan hanya pada kendaraan dengan tenaga besar saja.

Namun motor bebek dan matic pun kerap kali mengalaminya. Hal tersebut bisa terjadi karena masalah pada mesin atau bagian part lainnya.

Baca juga : 4 Bahaya jika Tangki Motor Sering Kehabisan Bensin

Bisa saja mesin motor yang kalian pakai sudah diotak-atik atau banyak dirubah menjadi tidak standarnya lagi. Itupun bisa menjadi penyebab borosnya bahan bakar.

Namun kalian perlu mengenali beberapa benyebabnya jika konsumsi bensin motor menjadi boros saat digunakan.

Berikut 6 Penyebab Motor Boros Bensin

1. Ban Kurang Angin

Penyebab yang pertama adalah ban motor kurang angin. Baik itu bagian depan atau belakang, jika kurang angin makan akan mempengaruhi ke performa.

Baca juga : 3 Penyebab Tangki Bensin Motor Bocor, Begini Cara Mengatasinya

Karena laju kendaraan berat akibat kurangnya angin, sehingga penggunaan bahan bakar pun menjadi lebih banyak dan boros.

2. Setingan Karburator

Lalu selanjutnya adalah masalah setingan pada karburator. Untuk motor tahun lama biasanya masalah boros bensin terdapat di karburator.

Karburator berfungsi untuk seting keluar dan masuknya angin untuk bahan bakar. Jika setingan itu lebih besar maka otomatis konsumsi bahan bakar pun menjadi banyak.

Baca juga : Bahaya Tangki Bensin Motor Injeksi jika Kosong, ini Akibatnya

3. Terlalu Sering Mengerem

Selanjutnya adalah terlalu sering melakukan pengereman. Terlebih lagi jika kalian sudah dalam kondisi laju yang kencang dan harus mengerem atau sedang dalam keadaan macet, maka bensin akan sangat boros.

Kondisi seperti ini akan membuat kalian kembali menarik gas dan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang banyak saat tarikan tersebut.

4. Salah Cara Berkendara

Penyebab yang keempat adalah cara berkendara yang tidak benar. Berkendara secara asal-asalan bisa membuat bahan bakar menjadi boros.

Baca juga : Ciri-ciri Kanker Payudara, ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jangan menarik turunkan gas, dan tidak boleh berkendara dengan kecepatan tinggi. Hal-hal tersebut dipastikan konsumsi bahan bakar motor kalian besar.

5. Busi Motor Kotor

Selanjutnya adalah busi motor yang kotor atau tidak layak pakai. Busi motor adalah salah satu dari bagian kelistrikan dan menjadi parti paling penting dalam kendaraan.

Jika busi kalian bermasalah, otomatis performa pun berkurang hingga berakibat ke konsumsi bensin menjadi lebih banyak.

6. Filter Udara Kotor

Lalu, penyebab yang terakhir adalah filter udara motor yang kotor. Jika hal ini terjadi bukan hanya berakibat pada konsumsi bahan bakar saja, tetapi mesin lainnya pun berdampak.

Motor kalian akan menjadi hilang tenaga, lalu part mesin lainnya pun akan terdampak menjadi cepat rusak dan aus.

Dari enam penyebab di atas tentunya bisa kalian atas dan cegah dengan cara merawat mesin agar tetap awet dan sehat digunakan.

Tentu saja bensin yang boros bisa membuat pengeluaran kita pun menjadi semakin banyak. Bahkan dampak paling fatalnya mesin kendaraan bisa saja tiba-tiba mati dan tak bisa dinyalakan kembali.

Berikut Cara Mengatasi Boros Bensin

1. Pakai Bensin yang Bagus

Cara pertama, kalian bisa menggunakan bahan bakar yang berkualitas seperti memiliki oktan tinggi. Atau kalian juga bisa menyesuaikan tahun atau kondisi mesin motor dengan bahan bakar yang digunakan.

Jangan menggunakan bensin eceran untuk konsumsi motor kalian karena kualitasnya sudah tidak baik dan kandungannya pun sudah menurun.

2. Jangan Bawa Beban di Motor

Selanjutnya jangan memberikan beban kepada motor. Motor dirancang untuk membawa dua orang saja, jika lebih maka akan menambah beban dan tenaga pun menjadi hilang.

Bahkan, jangan sampai motor tersebut membawa barang hingga kapasitas melewati batas. Jika hal tersebut dilakukan sudah pasti motor akan cepat rusak.

3. Rawat Mesin

Cara yang terakhir adalah merawat mesin. Melakukan perawatan mesin ini tidak hanya dilakukan servis setiap bulannya saja. Tetapi kalian juga perlu perhatikan part lainnya.

Kalian bisa melakukan ganti oli rutin, bersihkan saringan atau filter udara, karburator, cuci motor hingga merawat rantai dan gir motor agar tetap sehat dan tidak mudah mogok.

Dari tips di atas baiknya kendaraan bisa lebih diperhatikan baik dari tampilan atau mesinnya agar bisa terawat dan tetap sehat untuk dikendarai. (Z-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat