visitaaponce.com

Pemberdayaan Perempuan Langkah Strategis Wujudkan SDM Nasional yang Lebih Baik

Pemberdayaan Perempuan Langkah Strategis Wujudkan SDM Nasional yang Lebih Baik
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan pandangannya dalam peluncuran buku Pancasila(MI/SUSANTO)

MENGEDEPANKAN pemberdayaan perempuan merupakan langkah strategis dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia (SDM) nasional yang lebih baik. 

"Secara natural perempuan merupakan guru kehidupan pertama untuk anak-anaknya. Sehingga pemberdayaan dalam bentuk pendidikan yang layak bagi para perempuan diharapkan mampu menopang proses pengembangan karakter anggota keluarga dan peningkatan kualitas hidup keluarga yang lebih baik," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/7). 

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (Februari 2023), jumlah perempuan Indonesia sebanyak 136,3 juta atau mencapai 32,26% dari total penduduk 275,7 juta. 

Baca juga : Peningkatan Kualitas Kesehatan Perempuan Kunci Pembangunan SDM Nasional

Pada 2022, jumlah perempuan di Indonesia yang menduduki posisi manajerial 32,26%. Persentase tersebut menunjukkan kenaikan dari proporsi pada 2015 yang hanya mencapai 22,32%. 

Kenaikan proporsi perempuan di posisi tersebut menunjukkan adanya potensi untuk peningkatan peran aktif perempuan dalam proses pembangunan di Indonesia.

Menurut Lestari, dengan jumlah populasi perempuan yang semakin signifikan dan mampu berperan aktif dalam kehidupan keseharian di masyarakat, upaya pemberdayaan perempuan dapat memberi dampak yang signifikan dalam pencapaian sejumlah target pembangunan SDM nasional. 

Baca juga : Proses Pembangunan Butuh Gerak Bersama Anak Bangsa yang Dilandasi Nilai-Nilai Pancasila

Demikian juga, tambah Rerie sapaan akrab Lestari, dalam hal pendidikan. Sebagai seorang ibu, jelas Rerie, perempuan merupakan guru kehidupan yang pertama bagi anak-anaknya. 

Selain itu, jelas Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, para orang tua juga harus mampu memberi teladan dalam upaya menanamkan pemahaman budi pekerti bagi keluarganya. 

Dengan strategisnya peran perempuan dalam membangun fondasi kesehatan dan budi pekerti di lingkungan keluarga, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah memberikan perhatian yang serius terhadap berbagai upaya pemberdayaan perempuan di tanah air. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat