visitaaponce.com

UEFA Restui MU-Nice Main Bersama di Liga Europa, Girona-City di Champions

UEFA Restui MU-Nice Main Bersama di Liga Europa, Girona-City di Champions
Logo UEFA terlihat di markas besar organisasi itu di Nyon, Swiss.(AFP)

ASOSIASI Sepak Bola Eropa (UEFA) mengatakan bahwa Manchester City dan Girona dapat berlaga di Liga Champions, serta Manchester United dan Nice boleh bermain di Liga Europa kendati klub-klub tersebut dimiliki oleh kelompok bisnis yang sama.

Manchester City dan Girona berada di bawah naungan Grup City (CFG), sedangkan bos Ineos, Jim Ratcliffe memiliki saham di Manchester United dan klub Prancis OGC Nice.

UEFA menilai klub-klub itu bisa berlaga di kompetisi Eropa lantaran telah mengikuti penerapan perubahan signifikan oleh investor terkait di Girona FC dan OGC Nice. 

Baca juga : Pep Guardiola Berpeluang Torehkan Sejarah Baru

“Klub-klub mampu menunjukkan bahwa perubahan tersebut membawa mereka mematuhi aturan kepemilikan multi-klub,” kata Badan Pengendalian Keuangan Klub UEFA (CFCB) dalam sebuah pernyataan dikutip Antara, Sabtu (6/7). 

UEFA menyatakan perubahan itu meliputi kepemilikan, tata kelola, dukungan finansial serta pembatasan pengaruh investor dalam pengambilan keputusan di lebih dari satu klub.

Dengan demikian, UEFA berharap klub-klub yang dimiliki oleh jaringan bisnis yang sama dapat menghindari konflik kepentingan, terutama saat berlaga di kompetisi yang sama.

Baca juga : Ineos Optimistis Manchester United dan Nice Bisa Tampil Bareng di Liga Europa

"Tidak boleh seorang pun terlibat secara bersamaan, baik langsung atau tidak langsung, dalam kapasitas apa pun dalam manajemen, administrasi dan/atau kinerja olahraga lebih dari satu klub yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA," sambung pernyataan itu.

"Tidak ada seorang pun yang punya kendali atau pengaruh yang menentukan terhadap lebih dari satu klub yang berpartisipasi dalam kompetisi UEFA," kata pernyataan itu.

UEFA mengatakan bahwa klub-klub itu berjanji untuk tidak saling bertukar pemain baik secara permanen maupun pinjaman hingga September 2025. Mereka juga tidak boleh melakukan kerja sama komersial dan dilarang bermitra di bidang pembinaan atlet. (Ant/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat