visitaaponce.com

Stadion Gelora Bung Tomo Jadi Markas Indonesia di Piala AFF U-19, Intip Kesiapan Fasilitas Jelang Laga Pembuka

Stadion Gelora Bung Tomo Jadi Markas Indonesia di Piala AFF U-19, Intip Kesiapan Fasilitas Jelang Laga Pembuka
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.(Surabaya.go.id)

PIALA AFF U-19 2024 akan digelar di Surabaya, Jawa Timur pada 17-29 Juli. Ada dua stadion yang jadi venue pertandingan, yakni Stadion Gelora 10 November (G10N/Tambaksari) dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Indonesia yang tergabung di Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina akan bermarkas di Stadion GBT. Sedangkan Grup B dan Grup C dimainkan di Stadion G10N.

Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Sementara Grup C akan bersaing antara Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei.

Baca juga : Jens Raven Resmi Disumpah, Indonesia Kini Punya Striker Baru

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya telah melakukan berbagai perbaikan fasilitas venue untuk menyambut pertandingan sepak bola bergengsi di kelas Asia tersebut.

Dikutip dari laman resmi Pemkot Surabaya, Kepala Disbudporapar Surabaya, Hidayat Syah, mengatakan persiapan untuk menyambut Piala AFF U-19 sudah dilakukan sesuai dengan arahan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Federasi Sepak Bola Asia (AFF), serta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Kedua perwakilan federasi itu sudah mengecek kesiapan venue mulai dari lapangan serta fasilitas pendukung pada Mei lalu.

“Semua sudah sesuai dengan saran mereka (FIFA dan PSSI), bahkan juga ada ruang konferensi pers di (G10N) lantai 2,” kata Hidayat.

Baca juga : Indra Sjafri: Timnas Indonesia Ingin Cetak Sejarah Tembus Piala Dunia U-20

Maksimalkan Transportasi Umum

Perhatian juga diberikan pada mobilitas penonton. Mereka telah menyiapkan transportasi umum untuk memudahkan akses ke stadion, terinspirasi dari pengalaman ketika Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2024.

Sejumlah transportasi seperti Suroboyo Bus dan Trans Semanggi sudah disiapkan. Pada Piala Dunia U-17 2023 lalu, penonton tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan pribadi menuju stadion. Sebagai alternatif, mereka diarahkan untuk menggunakan transportasi umum dengan penjemputan di enam lokasi.

Baca juga : Profil Ayunda Dwi Anggraini, Hijaber Mesin Gol Timnas U-19 Putri Indonesia

Untuk Piala AFF U-19 2024, belum ada kepastian apakah aturan yang sama akan diterapkan. Namun, Suroboyo Bus dan Trans Semanggi akan disediakan untuk membantu penonton mendukung Tim U-19 Indonesia.

Kualitas Lapangan

Di sisi lain, persiapan untuk Piala AFF U-19 2024 tidak memerlukan banyak perbaikan. Kota Surabaya sebelumnya telah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada November tahun lalu.

Baca juga : Kapan Semifinal Piala AFF U-19 Putri? Cek Jadwal Timnas Indonesia

Berdasarkan pengalaman Piala Dunia U-17 2023, Stadion GBT digunakan untuk pertandingan sementara Stadion G10N sebagai lapangan latihan. Kualitas lapangan dan stadion sudah sesuai standar FIFA sehingga tidak memerlukan banyak perbaikan.

Selain menyiapkan venue, pemerintah kota Surabaya juga menyiapkan lapangan latihan seperti Lapangan Thor serta lapangan A, B, dan C di Kompleks Stadion GBT.

Dari segi kualitas lapangan, tidak banyak perbaikan yang diperlukan. Terlebih lagi, kedua stadion tuan rumah masih sering digunakan untuk pertandingan atau latihan tim Liga 1, Persebaya Surabaya. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat