visitaaponce.com

Spanyol Kembali ke Final Euro setelah Melempem 12 Tahun

Spanyol Kembali ke Final Euro setelah Melempem 12 Tahun
Ilustrasi(Instagram/Sefutbol)

Timnas Spanyol akhirnya kembali bermain di laga final Euro setelah absen selama 12 tahun atau tiga edisi. Kali ini, di Euro 2024, anak-anak asuh Luis De La Fuente memastikan satu tiket di laga puncak setelah mengalahkan Timnas Prancis di laga semifinal. Pertandingan Spanyol vs Prancis berakhir dengan skor 2-1.

Terakhir kali La Furia Roja berlaga di laga final adalah pada 2012. Saat itu, Fernando Torres dan kawan-kawan melawan Timnas Italia dan ke luar sebagai juara. Tidak tanggung-tanggung, Gli Azzuri dilibas 4-0.

David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata menjadi pencetak gol di laga itu.

Baca juga : Hasil Spanyol vs Jerman, Luis De La Fuente: Tim Kami bak Kuda Pemenang

Sebelum itu, Timnas Spanyol juga mencapai partai final pada 2008 atau tepat satu edisi sebelum 2012. Saat itu, La Furia Roja yang dinakhodai Luis Arragones juga ke luar sebagai pemenang, mengalahkan Jerman. Fernando Torres lagi-lagi menjadi bintang. Ia mencetak satu-satunya gol yang tercipta.

Setelah menjadi juara back to back di 2008 dan 2012, dan diselingi Juara Dunia di 2010, Timnas Spanyol paceklik gelar. Generasi emas yang diisi bintang lapangan tengah seperti Xavi Hernandes, Andreas Iniesta, David Silva, Juan Mata, Cesc Fabregas beranjak tua dan sudah mulai meredup.

Pada Euro 2016, Timnas Spanyol gagal total karena hanya mampu melangkah hingga 16 besar. Saat itu, Spanyol kalah dari Italia dengan skor 0-2.

Empat tahun berselang, pada edisi 2020 yang dihelat pada 2021 karena ada fenomena covid-19, Spanyol juga kalah dari Italia lewat babak adu penalti.

Kini, di Piala Eropa 2024, Italia menjadi salah satu negara yang ditumbangkan Spanyol, tepatnya pada fase grup. Spanyol menang dengan skor tipis 1-0. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat