visitaaponce.com

Manajer Timnas Pastikan tidak ada Pemain Titipan di Piala AFF U-19 2024

Manajer Timnas Pastikan tidak ada Pemain Titipan di Piala AFF U-19 2024
Manajer Timnas Pastikan tidak ada Pemain Titipan di Piala AFF U-19 2024(Dok.PSSI)

MANAJER Tim U-17 dan U-20 Indonesia Ahmed Zaki Iskandar buka suara soal isu pemain titipan. Zaki menegaskan tidak ada pemain titipan saat seleksi pemain termasuk dalam membentuk skuad Piala AFF U-19 2024. 

"Yang menentukan lolos atau tidaknya itu tim seleksi. Percayalah tim seleksi sekarang jauh lebih berintegritas,” kata Zaki dalam acara diskusi bertajuk Menatap Masa Depan Timnas Indonesia, di Jakarta, Rabu (10/7).

Pernyataan itu merespons isu pemain titipan Timnas Indonesia yang kembali dibicarakan beberapa waktu terakhir. Khususnya terjadi di Timnas Indonesia kelompok usia muda. 

Baca juga : Target Indonesia di Piala AFF U-19: Lolos Empat Besar

Zaki menjelaskan PSSI saat ini memiliki parameter tinggi yang sudah dirancang untuk calon pemain timnas Indonesia. Standar seleksi pemain sudah dirancang oleh pelatih Shin Tae-yong yang sempat memegang tim kelompok umur

"Kami memiliki parameter yang sudah dirancang dan ditetapkan Shin Tae-yong untuk melakukan berbagai macam proses filtrasi kepada para pemain yang ikut seleksi," kata Zaki.

Zaki mengakui, seleksi tim U-16 memiliki kendala tidak bisa menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia karena minimnya kompetisi reguler di kelompok usia tersebut. Sementara di U-19, seleksi lebih mudah dengan melihat potensi bakat pemain di akademi klub. 

Kendati demikian, dalam proses seleksi, PSSI membuka seluas-luasnya. Siapapun yang memiliki kualitas berhak ikut untuk unjuk gigi, baik itu anak pejabat atau selebriti.

"Misal mereka anaknya pejabat, kalau skillnya masuk kemudian pemahaman (taktiknya) tinggi, serta masuk skema permainan pelatih, pasti masuk Timnas. Yang gagal, tentu masih punya kesempatan lolos asal bisa memperbaiki kekurangannya di seleksi berikutnya," kata Zaki. 

Untuk tim Piala AFF U-19, pelatih Indra Sjafri itu telah menuntaskan pemusatan latihan dan seleksi di Jakarta sejak 23 Juni hingga 9 Juli 2024. Ada 28 pemain dari 33 pemain sebelumnya yang telah melakukan seleksi untuk dibawa ke pemusatan latihan lanjutan di Surabaya. 

Nantinya, seleksi pemain akan dilanjutkan hingga mencapai total 23 pemain yang akan didaftarkan untuk Piala AFF U-19. 

Piala AFF U-19 akan dibuka dengan mempertemukan Timor Leste menghadapi Kamboja di Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Rabu (17/7) sore WIB.

Skuad Garuda Muda nantinya akan melakoni laga perdana menghadapi Filipina di stadion yang sama pada Rabu malam WIB.

Berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia menempati grup A bersama dengan Timor Leste, Kamboja dan Filipina.

Sementara itu di grup B terdapat Australia, Laos, Myanmar dan Vietnam. Lalu di grup C dihuni oleh Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Singapura. (P-5). 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat