visitaaponce.com

Inggris Lolos ke Final Euro, Southgate Kami Belum Selesai

Inggris Lolos ke Final Euro, Southgate: Kami Belum Selesai
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate(AFP)

TIMNAS Inggris menorehkan catatan cemerlang mampu lolos ke final Euro untuk dua kali beruntun. Sang pelatih Gareth Southgate mengatakan Tim Tiga Singa memberi para suporter malam terbaik dalam 50 tahun dengan kemenangan 2-1 atas Belanda di semifinal Euro 2024 ini.

Inggris menang dramatis pada partai semifinal melawan Belanda di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) dini hari WIB. Tertinggal lebih dulu lewat gol Xavi Simons, Inggris menyamakan keadaan berkat penalti Harry Kane.

Kemenangan Tim Tiga Singa ditentukan secara dramatis pada menit ke-90 melalui gol pemain pengganti Ollie Watkins.

Baca juga : Belanda vs Inggris: Southgate Cemas Jelang Laga Semifinal

Southgate memimpin Inggris ke final pertama dalam 55 tahun ketika mereka kalah dari Italia di Euro 2020 lalu. Kini, Southgate membawa Inggris ke partai puncak secara beruntun dan berharap bisa tampil lebih baik kali ini.

"Kami memberikan malam yang luar biasa kepada masyarakat. Kami telah memberikan malam terbaik kepada pendukung kami dalam 50 tahun terakhir. Saya sangat bangga akan hal itu," kata Southgate dikutip BBC.

“Saya senang jika semua orang di rumah merasakan apa yang kami rasakan dan apa yang dirasakan orang-orang di stadion. Namun kami belum selesai," imbuhnya.

Baca juga : Inggris vs Slovakia: Southgate Puji Gol Dramatis Harry Kane dan Bellingham 

Euro 2024 ini bukan perjalanan yang mulus bagi Inggris. Mereka mencapai final meski diragukan ketika penyisihan grup. Inggris juga lolos setelah sempat tertinggal di pertandingan perempat final dan semi final.

Kritik keras sempat menghujani Southgate dari suporter maupun para mantan pemain. Meski begitu, Southgate membuktikan dengan mengantarkan Inggris ke final untuk melakoni duel melawan Spanyol.

"Kami mempunyai ujian terbesar yang harus kami persiapkan. Kami datang ke sini untuk mencoba menjuarai turnamen dan itu masih menjadi tujuan kami," ujar Southgate.

"Kita semua ingin dicintai, bukan? Ketika Anda melakukan sesuatu untuk negara Anda, Anda adalah orang Inggris yang bangga. Anda tidak merasakannya kembali dan yang Anda baca hanyalah kritik, itu sulit," ucapnya. (P-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat