visitaaponce.com

Menang Tipis Atas Uruguay, Kolombia Melaju ke Final Copa America

Menang Tipis Atas Uruguay, Kolombia Melaju ke Final Copa America
Gelandang timnas Kolombia Jefferson Lerma melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Uruguay di laga semifinal Copa America.(AFP/TIMOTHY A. CLARY)

JEFFERSON Lerma mencetak gol di menit 39 dan timnas Kolombia harus bermain dengan 10 pemain sepanjang babak kedua saat menang tipis 1-0 atas timnas Uruguay, Kamis (11/7),  untuk melaju ke final Copa America melawan timnas Argentina.

Daniel Munoz diusir wasit di masa injury time babak kedua usai menerima kartu kuning kedua.

Meski bermain dengan 10 pemain, Kolombia sukses mempertahankan keunggulan mereka dan melaju ke final Copa America pertama mereka sejak menjadi juara pada 2011.

Baca juga : Bielsa Ingin Uruguay Lebih Menyerang di Semifinal

Kolombia memperpanjang rekor tidak terkalahkan mereka menjadi 28 laga, satu laga lebih banyak ketimbang prestasi terbaik mereka pada 1992-1994.

Di laga panas yang menghasilkan tujuh kartu kuning dan satu kartu merah, pemain dari kedua tim saling dorong di akhir laga bahkan beberapa pemain pergi ke bangku penonton untuk berselisih dengan para pendukung.

Laga final Copa America antara juara bertahan Argentina dan Kolombia akan digelar pada Senin (15/7) pagi di Miami Gardens, Florida.

Baca juga : Preview Semifinal Copa America: Uruguay Waspadai Lini Serang Kolombia

Albiceleste memburu gelar Copa America ke-16 mereka dan berusaha menyamai rekor timnas Spanyol sebagai negara yang sukses menjuarai tiga turnamen akbar secara berturut-turut.

Di laga semifinal melawan Kolombia ini, Uruguay tertinggal untuk pertama kali sepanjang perhelatan Copa America pada tahun ini.

Sepak pojok James Rodriguez disundul masuk ke gawang Uruguay oleh Lerma yang melompat lebih tinggi dari Jose Maria Gimenez.

Baca juga : James Rodriguez Berambisi Antarkan Kolombia ke Final Copa America

Gol ke gawang Uruguay itu merupakan gol ketiga Lerma untuk Kolombia dan gol keduanya di Copa America kali ini.

Adapun Rodriguez membukukan assist keenamnya di Copa America 2024, tiga kali lebih banyak dibandingkan pemain lain.

Munoz menerima kartu kuning pertamanya dari wasit Meksiko Cesar Ramos pada menit 31 karena pelanggaran terhadap Maximiliano Araujo dan yang kedua karena menyikut perut Manuel Ugarte.

Baca juga : Jadwal Lengkap Semifinal Copa America

Rodriguez diganjar kartu kuning pada menit 55 karena memprotes wasit yang dianggapnya gagal menghentikan permainan setelah Richard Rios dilanggar oleh Darwin Nunez.

Setelah kartu kuning itu, Rodriguez ditarik ke luar agar dia bisa dimainkan seandainya Kolombia melaju ke final Copa America.

Uruguay baru bisa mengancam gawang Kolombia, yang dikawal Federico Valverde, pada menit 68 lewat aksu Nicolas de la Cruz.

Luis Suarez, pemegang rekor gol timnas Uruguay dengan 68 gol, dimainkan pada menit 66 dan upayanya masih membentur mistar gawang pada menit 71.

Hingga laga berakhir Uruguay tidak mampu mengejar ketertinggalan dan menyerah 0-1 sehingga Kolombia dipastikan melaju ke final Copa America. (espn/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat