visitaaponce.com

Profil Ollie Watkins Supersub Tiga Singa yang Berkarier dari Kasta Bawah

Profil Ollie Watkins: Supersub Tiga Singa yang Berkarier dari Kasta Bawah
Penyerang timnas Inggris Ollie Watkins melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Belanda di laga semifinal Euro 2024.(AFP/KIRILL KUDRY)

TIMNAS Inggris menang dramatis pada partai semifinal Euro 2024 melawan Belanda di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) dini hari WIB. Tertinggal lebih dulu lewat gol Xavi Simons, Inggris menyamakan keadaan berkat penalti Harry Kane.

Kemenangan Tim Tiga Singa ditentukan secara dramatis pada menit ke-90 melalui gol pemain pengganti  alias 'supersub' Ollie Watkins. Striker Aston Villa itu mengaku amat bangga bisa menciptakan momen kemenangan.

"Saya telah menunggu momen itu selama berminggu-minggu," kata Watkins dilansir BBC..

Baca juga : Inggris Lolos ke Final Euro, Southgate: Kami Belum Selesai

Watkins melepaskan tembakan ke sudut bawah gawang Belanda untuk salah satu gol terpenting Inggris yang pernah terjadi. Watkins menjadi salah satu pemain dalam skuad Gareth Southgate yang banyak menghabiskan karier pada kompetisi di bawah Liga Primer.

Empat tahun lalu, dia masih bermain di divisi Championship. Mundur sembilan tahun lalu, Watkins bahkan baru saja menyelesaikan masa pinjaman di klub non-liga Weston-super-Mare.

Adapun karier junior Watkins dihabiskan di klub League Two yaitu Exeter City. Dia berangkat ke divisi Championship bermain untuk Brentford pada 2017 setelah mencetak 26 gol dalam 78 penampilan untuk Exeter.

Baca juga : Percakapan Ollie Watkins dan Cole Palmer di Bangku Cadangan: Kamu Mengumpan, Saya Cetak Gol

Tidak seperti banyak pemain Inggris, Watkins memulai kariernya di tingkat yang lebih rendah di piramida sepak bola. Dia kemudian menjadi pemain dari Divisi Championship termahal ketika bergabung dengan Aston Villa seharga 28 juta poundsterling pada 2020.

Gol kemenangan Watkins membuktikan keputusan Southgate tepat. Southgate memilih Watkins masuk ke lapangan untuk menggantikan Harry Kane dengan waktu sembilan menit tersisa. Dia masuk bersama Cole Palmer yang memberi umpan untuk golnya.

Sebelumnya, Watkins hanya bermain 20 menit di turnamen besar pada babak penyisihan grup melawan Denmark. Dia tidak masuk dalam skuad Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

"Sejujurnya, saya tidak memimpikan hal itu. Saya tidak bisa berbohong dan mengatakan saya melakukannya. Mencetak gol untuk Inggris sungguh luar biasa, tetapi saya tidak berpikir saya akan melakukannya di turnamen seperti itu," ucap Watkins.

(Dhk)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat