visitaaponce.com

Tulibot, Startup asal Indonesia Raih Penghargaan 1st runner-up di World Bank Pitch Competition 2024

Tulibot, Startup asal Indonesia Raih Penghargaan 1st runner-up di World Bank Pitch Competition 2024
Startup buatan lokal, Tulibot.(Dok. Tulibot)

PRESTASI gemilang kembali ditorehkan anak muda Indonesia. Kali ini prestasi membanggkan hadir dari Tulibot, startup besutan anak-anak muda Indonesia yang berhasil meraih penghargaan 1st runner-up di World Bank Pitch Competition 2024.

Diketahui, Tulibot merupakan startup besutan Muhammad Alan Nur, Haris Hendrik, dkk. Aplikasi ini berbasis kacamata pintar yang berfokus pada teknologi berkelanjutan, yakni membantu penyandang disabilitas tuna rungu untuk berkomunikasi. Sedangkan World Bank Pitch Competition merupakan kompetisi yang diselenggarakan bersamaan dengan World Bank Group Youth Summit, edisi tahun ini fokus pada Inklusi Digital, AI, dan Teknologi Berkelanjutan.

“Ini adalah pencapaian yang sangat membanggakan bagi kami karena Tulibot menjadi startup pertama dari Indonesia yang berhasil memenangkan penghargaan ini selama 13 tahun lamanya,” tutur Alan dalam pesan singkatnya kepada Media Indonesia. Rabu (19/7).

Baca juga : Kemenperin Jembatani Kebutuhan IKM dengan Teknologi Karya Startup

Dalam kompetisi, Tulibot berhasil menyingkirkan lebih dari 2.000 partisipan yang berasal dari 120 negara. Tulibot masuk dalam jajaran 6 finalist terbaik sebelum akhirnya berhasil merebut 1st Runner-up. Ada dua juara utama dalam kompetisi ini pertama startup Luxeed Robotics yang menjadi juara pilihan juri dan startup Owanda yang menjadi juara pilihan audience.

Atas kemenangan ini, mereka nantinya berkesempatan mempresentasikan masing-masing startup kepada para Investor dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2024 yang dijadwalkan berlangsung November mendatang di Rio de Janeiro, Brazil. G20 adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

“Kami merasa pencapaian ini tidak hanya keberhasilan bagi Tulibot, tetapi juga untuk ekosistem startup di Indonesia secara keseluruhan. Kami berharap kabar ini dapat menginspirasi banyak pihak dan menunjukkan bahwa inovasi dari Indonesia mampu bersaing di kancah Internasional,” tukas Alan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat