visitaaponce.com

10 Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman dari Hacker

10 Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman dari Hacker
Ilustrasi.(Freepik)

MEMBUAT kata sandi atau password yang kuat atau aman sangatlah penting untuk melindungi diri dari peretas. Apalagi di era digital saat ini, keamanan data menjadi semakin rentan karena banyaknya informasi pribadi yang disimpan secara online.

Namun, banyak orang masih menggunakan password  yang lemah dan mudah ditebak. Ini tentu saja memudahkan para hacker untuk mencuri dan menyalahgunakan informasi penting dari pengguna.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan password yang sulit ditembus:

1. Gunakan Kombinasi Karakter yang Kompleks

Buatlah password dengan campuran huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Misalnya, daripada "happy777", gunakan "H@pea!931"

2. Hindari Password yang Mudah Ditebak

Jangan gunakan kata sandi yang umum seperti "123456" atau "password". Hindari juga informasi pribadi seperti tanggal lahir atau nama lengkap?

3. Gunakan Password Berbeda untuk Setiap Akun

Menggunakan password yang sama untuk berbagai akun meningkatkan risiko keamanan. Buatlah password yang unik untuk setiap akun Anda untuk mencegah peretas mendapatkan akses ke semua akun Anda sekaligus.

Baca juga : 10 Cara Mengamankan Jaringan Wifi di Rumah Anda Agar tidak Dibobol

4. Manfaatkan Password Manager

Aplikasi manajer password seperti LastPass atau 1Password dapat membantu Anda membuat dan menyimpan password yang kuat. Dengan alat ini, Anda hanya perlu mengingat satu password utama untuk mengakses semua kata sandi Anda yang disimpan secara aman

5. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Tambahkan lapisan keamanan ekstra dengan menggunakan verifikasi dua langkah. Metode ini membutuhkan kode tambahan selain password saat login, yang dikirim melalui SMS atau aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator

6. Perbarui Password Secara Berkala

Mengganti password setiap beberapa bulan dapat mengurangi risiko peretasan. Pastikan untuk mencatat perubahan ini di tempat yang aman, jauh dari jangkauan orang lain. 

7. Gunakan Teknik Mnemonik

Buat Akronim dari Frasa atau Lirik Lagu: Anda dapat membuat password dengan mengubah lirik lagu atau frasa menjadi akronim. Misalnya, lirik "Twas the night before Christmas and all through the house" bisa diubah menjadi "TtnbCaatth"

8. Hindari Penyimpanan Password di Tempat Terbuka

Jangan Catat di Tempat yang Mudah Diakses: Jangan menuliskan password di sticky notes, buku catatan yang sering dibawa, atau file komputer yang tidak dilindungi. Gunakan aplikasi manajer password untuk penyimpanan yang lebih aman

9. Update Software Secara Teratur

Perbarui Perangkat Lunak: Perangkat lunak yang tidak diperbarui seringkali memiliki celah keamanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker. Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat lunak Anda ke versi terbaru untuk mengurangi risiko ini.

10. Gunakan Tips Membuat Password

Selain cara membuat password di atas, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun password lebih kuat dan aman. Berikut tips pembuatan password. 

  • Gunakan password yang dibaca terbalik, misalnya “gajah” menjadi “hajag”.
  • Ganti simbol dengan angka, misalnya angka “3” diganti dengan huruf “E” atau sebaliknya, atau huruf "A" diganti angka "4". Contohnya: "R4h4si4gU3"
  • Buat password dengan panjang 8 hingga 16 karakter.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan keamanan akun-akun online Anda dan melindungi informasi pribadi Anda dari potensi serangan siber.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat