visitaaponce.com

Terungkap, 6 Keunggulan Pemakaian AC Central untuk Kesehatan

Terungkap, 6 Keunggulan Pemakaian AC Central untuk Kesehatan
Ilustrasi penggunaan AC Central(MI)

DI tengah iklim tropis yang panas, pendingin udara (AC) menjadi kebutuhan penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman baik di rumah, kantor, maupun fasilitas umum. Salah satu jenis AC yang semakin populer adalah AC central. 

Dikutip melalui laman U.S. Department of Energy: Central Air Conditioning, berikut adalah beberapa keuntungan utama penggunaan AC central yang membuatnya menjadi pilihan unggul dibandingkan AC split atau jenis AC lainnya.

1. Efisiensi Energi

AC central dirancang untuk mendinginkan seluruh ruangan atau bangunan secara bersamaan. 

Baca juga : Panasonic Luncurkan AC VRF Systems MS3 Series, Gabungkan Efisiensi Ruang dan Hemat Energi

Dibandingkan dengan menggunakan beberapa unit AC split di berbagai ruangan, AC central lebih efisien dalam penggunaan energi. 

Sistem ini mampu mengatur suhu secara konsisten di seluruh ruangan, sehingga mengurangi beban kerja dan konsumsi listrik secara keseluruhan. 

Selain itu, teknologi canggih dalam AC central sering kali dilengkapi dengan fitur hemat energi yang dapat menyesuaikan kebutuhan pendinginan sesuai kondisi aktual.

Baca juga : Daikin Luncurkan AC Hemat Listrik, Ini Fitur Unggulannya

2. Kenyamanan Optimal

AC central menyediakan pendinginan yang merata di seluruh ruangan. 

Sistem ini dilengkapi dengan saluran udara yang tersembunyi di dinding atau plafon, sehingga udara sejuk dapat disebarkan secara lebih efektif dan merata. Hal ini menghilangkan area panas atau dingin yang biasanya terjadi pada penggunaan AC split. 

Pengguna juga dapat mengatur suhu yang diinginkan dengan mudah menggunakan satu kontrol pusat, menjadikan pengaturan suhu lebih praktis dan nyaman.

Baca juga : Kelembaban Udara Tinggi Picu Reaksi Alergi

3. Desain yang Lebih Rapi

AC central memberikan keuntungan estetika yang signifikan. Tanpa unit dalam ruangan yang terlihat, interior ruangan tetap rapi dan bebas dari gangguan visual. 

Saluran udara yang tersembunyi membuat AC central lebih cocok untuk desain interior modern dan minimalis. 

Selain itu, penempatan unit outdoor yang terpusat juga mengurangi kebisingan yang biasanya ditimbulkan oleh beberapa unit AC split.

Baca juga : Ramalan Zodiak Sagitarius Hari ini: Pikirkanlah sebelum Bertindak

4. Kualitas Udara yang Lebih Baik

Sistem AC central sering kali dilengkapi dengan filter udara berkualitas tinggi yang mampu menyaring debu, kotoran, dan partikel berbahaya lainnya. 

Hal ini membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, menjadikan lingkungan lebih sehat dan nyaman untuk dihuni. 

Selain itu, beberapa sistem AC central juga memiliki fitur tambahan seperti pengontrol kelembaban dan penghilangan bau yang semakin meningkatkan kualitas udara.

5. Pemeliharaan yang Lebih Mudah

Meskipun instalasi AC central mungkin memerlukan biaya awal yang lebih tinggi, pemeliharaannya cenderung lebih mudah dan terpusat.

Dengan hanya satu unit yang perlu diperiksa dan dirawat, pemeliharaan rutin menjadi lebih efisien dan ekonomis dibandingkan merawat beberapa unit AC split. 

Hal ini juga mengurangi kemungkinan kerusakan yang berulang dan memperpanjang umur sistem pendingin udara.

6. Peningkatan Nilai Properti

Penggunaan AC central dapat meningkatkan nilai properti Anda. 

Sistem pendingin udara yang terintegrasi dan efisien menjadi salah satu faktor penunjang yang dicari oleh calon pembeli atau penyewa. 

Keberadaan AC central menunjukkan bahwa properti Anda memiliki infrastruktur modern dan berkualitas tinggi, menjadikannya investasi yang lebih menarik.

Dengan beberapa keunggulan di atas, Daikin pun makin berupaya memperluqs budaya penggunaan AC sentral sebagai solusi ideal bagi hunian dan bangunan light commercial. Sebab, selain kepraktisannya AC sentral yang dapat mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outdoor.

“Untuk kelebihan AC Home Central yang dikeluarkan Daikon ini ada pada ragam pilihan desain elegan unit indoor yang dapat membaur untuk meningkatkan estetika keseluruhan ruang,” ungkap Presiden Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia Shinji Miyata, belum lama ini.

Menurut dia, dari sisi kenyamanan, lebih dari sekedar menawarkan kesejukan. AC Home Central  dibuat dengan kemampuan untuk dapat mengatur tingkat kelembapan udara serta sistem filtrasi berlapis untuk mengeliminasi berbagai partikel merugikan kesehatan yang melayang bersama udara dalam ruang.  

Untuk memudahkan masyarakat mengeksplorasi dan menemukan jenis pendingin udara ruangan ini, PT. Daikin Airconditioning Airconditioning Indonesia memperluas layanan bisnis dengan dengan PT Sthira Nusantara, spesialis tata udara asal Jepang ini meresmikan Daikin Proshop Showroom terbarunya di Komplek Ruko Jalan Pangeran Jayakarta Nomor 135 Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

“Mengusung konsep Skandinavian, penataan didalamnya, membuat kunjungan di showroom ini tak terasa seperti berkunjung ke sebuah toko,” lanjut dia.

Pemilik Daikin Proshop Showroom Sthira Nusantara Phang Sugiarto menyampaikan, alih-alih menemui jajaran produk yang dibariskan pada rak, pengunjung akan menemui tatanan interior showroom yang dibuat menyerupai berbagai ruang dalam hunian. 

Mulai dari kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi hingga walk-in-closet. Pada masing-masing bagian ruang inilah terpasang produk AC Home Central Daikin dengan ragam fitur dan desain yang menyesuaikan kebutuhan tiap ruang.  
 
“Dalam showroom ini, pengunjung pun dapat berinteraksi langsung dengan Reiri Home. Ini merupakan aplikasi pintar pendukung bagi pengguna AC Home Central Daikin untuk mengendalikan operasional masing-masing AC Home Central yang terpasang hanya melalui satu aplikasi,” jelas dia. 
 
 Tak cuma pada pilihan produk, Daikin Proshop Showroom ini juga memiliki layanan pendukung lengkap bagi calon penggunanya. Layanan ini, menurutnya, meliputi konsultasi dengan tenaga konsultan profesional untuk mengetahui dan memberikan rekomendasi solusi tata udara sesuai kebutuhan calon pengguna, instalasi dan pemeliharaan oleh teknisi tersertifikasi, hingga layanan purna jual. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat