visitaaponce.com

Perangkat Digital di Jepang Rentan Terhadap Kerusakan Akibat Panas Ekstrem

Perangkat Digital di Jepang Rentan Terhadap Kerusakan Akibat Panas Ekstrem
Perusahaan teknologi di Jepang, memperingatkan perangkat digital seperti smartphone dan komputer dapat mengalami kerusakan akibat panas.(Freepik)

SEBUAH perusahaan teknologi di Jepang menyerukan kewaspadaan terhadap penggunaan smartphone dan komputer pada musim panas. Pasalnya perangkat tersebut dapat mengalami kerusakan akibat sengatan panas di musim panas.

Japan PC Service Co yang mengatur dan mengatasi masalah perangkat digital, melakukan survei pada 3-4 Juni, menargetkan orang berusia 18-65 tahun. Dari 609 responden yang mengatakan mereka pernah mengalami masalah digital khusus musim panas, 53,4% mengatakan penyebabnya adalah panas atau keringat, yang mencakup kerusakan dan bagian yang berubah bentuk. 

Secara spesifik, tanggapan termasuk, "Saya meninggalkan komputer saya di kursi penumpang mobil di bawah sinar matahari, dan tiba-tiba berhenti bekerja," dan, "Saya berada di perkemahan dan meninggalkan smartphone saya di luar di bawah panas matahari, dan tiba-tiba terbakar."

Baca juga : 9.105 Orang Alami Sengatan Panas di Jepang Saat Gelombang Panas Melanda

Di sisi lain, 31,3% kasus disebabkan oleh air, seperti menumpahkan minuman atau merendam perangkat di bawah air.

Secara umum, suhu yang sesuai untuk smartphone dan komputer adalah hingga 35 derajat Celsius. 

"Jumlah hari panas yang dikatakan mencapai 'tingkat bencana' telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan ada risiko bahkan jika Anda hanya menggunakan perangkat Anda seperti biasa," dalam pernyataan perusahaan tersebut.

Layanan perbaikan smartphone dan tablet perusahaan menerima 1,13 kali lebih banyak konsultasi tentang penggantian baterai pada bulan Juni dibandingkan bulan sebelumnya karena masalah seperti pembengkakan baterai yang disebabkan panas. 

Peningkatan lebih lanjut tampaknya diharapkan pada akhir Juli dan seterusnya. Perusahaan meminta konsumen untuk menggunakan perangkat mereka di tempat teduh dan menghindari penggunaan yang terlalu lama di bawah terik matahari. (Mainichi/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat