visitaaponce.com

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS
ilustrasi(Freepik)

APLIKASI edit foto kini tidak hanya diperlukan oleh para fotografer profesional. Bagi siapa pun yang ingin melakukan pengeditan foto secara praktis sebelum diunggah ke media sosial, terdapat beberapa aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Dikutip berbagai sumber, berikut adalah beberapa aplikasi edit foto terbaik untuk ponsel Android dan iOS pada tahun 2024:

1. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom terkenal di kalangan fotografer profesional karena menawarkan alat pengeditan canggih seperti kontrol eksposur, timer, dan lebih dari 150 preset foto. Aplikasi ini juga memiliki fitur AI yang dapat merekomendasikan preset terbaik serta alat penghapus objek yang berkualitas tinggi. Selain itu, Lightroom menyediakan fitur komunitas di mana pengguna bisa berbagi preset dan tutorial.

2. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi gratis yang menawarkan 29 alat dan filter, termasuk Healing, Brush, HDR, dan Perspective. Aplikasi ini mendukung file JPEG dan RAW serta memungkinkan pengguna menyimpan preset kustom untuk digunakan pada foto lain. Semua alat di Snapseed dapat digunakan secara gratis, menjadikannya cocok untuk retouch cepat dan pengguna baru dapat memanfaatkan tutorial yang tersedia.

3. VSCO

Dikenal dengan filter berbasis estetika klasik, VSCO cocok untuk pengguna yang suka mengedit foto dengan gaya vintage. Aplikasi ini menyediakan alat pengeditan dasar dan lanjutan, serta fitur komunitas untuk berbagi hasil editan. Dengan VSCO, kamu bisa mendapatkan foto dengan tampilan seperti menggunakan kamera analog. Filter yang disediakan sangat beragam, dari yang gratis hingga berbayar.

4. Photoshop Express

Photoshop Express, versi mobile dari Adobe Photoshop, menawarkan alat retouching profesional, efek dan filter berkualitas tinggi, serta alat untuk membuat kolase dan stiker kustom. Aplikasi ini cocok untuk mengedit foto untuk media sosial karena memiliki berbagai font, border, dan frame.

5. Lensa

Lensa menonjol dengan fitur pengeditan berbasis AI yang canggih, cocok untuk menghasilkan foto yang menarik dengan mudah. Aplikasi ini juga menawarkan alat untuk retouch wajah dan efek artistik lainnya, termasuk mengubah pemandangan di langit dan membuat avatar kustom. Lensa juga dapat menghilangkan objek yang mengganggu dan mempercantik kualitas foto dengan satu kali tap.

Baca juga : Daftar 30 Tipe Ponsel Yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan Aplikasi WhatsApp

6. Google Photos

Selain sebagai aplikasi penyimpanan foto, Google Photos memiliki alat pengeditan dasar yang sangat baik untuk pengguna Android. Aplikasi ini menawarkan fitur pengeditan seperti koreksi warna, penyesuaian kecerahan, dan filter otomatis.

7 PicsArt

PicsArt menawarkan alat pengeditan lengkap termasuk filter, alat menggambar, teks, dan stiker. Aplikasi ini juga memiliki fitur remix untuk mengedit gambar bersama dengan komunitas serta fitur video editing yang kuat. Pengguna bisa mengedit sesuai selera dengan beragam tools dan filter yang disediakan.

8. Afterlight

Afterlight menyediakan berbagai alat pengeditan canggih, termasuk overlay, tekstur, filter, dan alat penyesuaian gambar lainnya. Aplikasi ini terkenal dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

9. Prisma

Prisma mengubah foto menjadi karya seni dengan menggunakan filter yang meniru gaya seniman terkenal seperti Picasso dan Van Gogh. Aplikasi ini sangat populer untuk efek artistik dan kreatifnya.

10. Canva

Canva tidak hanya digunakan untuk desain grafis tetapi juga memiliki alat pengeditan foto yang kuat. Aplikasi ini menyediakan template, teks, dan elemen desain lain yang memudahkan pembuatan konten visual yang menarik untuk media sosial.

11. TouchRetouch

TouchRetouch sangat berguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto dengan mudah. Alat ini bekerja dengan baik untuk menghilangkan kabel listrik, tanda, atau elemen lain yang mengganggu komposisi gambar.

12. Facetune

Facetune dikenal sebagai aplikasi retouching wajah, memungkinkan pengguna memperhalus kulit, memutihkan gigi, mengubah bentuk wajah, dan banyak lagi. Aplikasi ini sangat populer untuk selfie dan potret.

13. Darkroom

Darkroom menawarkan alat pengeditan foto yang kuat dan mendalam, cocok untuk fotografer serius. Aplikasi ini memiliki fitur pengeditan batch, alat kurva, dan kemampuan mengedit foto RAW. Darkroom juga memungkinkan pengeditan video dengan alat serupa.

14. Pixelmator

Pixelmator adalah aplikasi pengeditan foto kaya fitur, mencakup alat untuk menggambar, lukisan, dan pengeditan berbasis lapisan. Aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin membuat karya seni dari foto-foto terbaik.

15. Fotor

Fotor menawarkan alat pengeditan dasar dan lanjutan, termasuk efek HDR, alat retouching wajah, dan berbagai filter dan efek. Aplikasi ini juga memiliki fitur desain grafis untuk membuat kolase dan kartu ucapan.

16. PhotoDirector

PhotoDirector memiliki berbagai alat pengeditan, termasuk animasi foto, alat penghilang objek, dan fitur pengubahan latar belakang. Aplikasi ini juga menawarkan fitur AI untuk memperbaiki dan meningkatkan foto dengan cepat.

17. Polarr

Polarr menyediakan alat pengeditan yang canggih dan intuitif, termasuk filter kustom, penyesuaian warna, dan alat pengeditan batch. Aplikasi ini sangat baik untuk pengguna yang ingin membuat dan menyimpan preset pengeditan mereka sendiri.

18. Instasize

Selain alat pengeditan foto, Instasize menawarkan berbagai template dan alat desain untuk membuat konten media sosial yang menarik. Aplikasi ini juga memiliki fitur pengeditan video.

19. Enlight Photofox

Enlight Photofox memungkinkan pengeditan foto artistik dengan berbagai alat kreatif, termasuk efek ganda, blending modes, dan alat pengeditan berbasis lapisan. Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang suka bereksperimen dengan foto mereka.

20. AirBrush

AirBrush dikenal sebagai aplikasi retouching foto, menawarkan alat untuk memperhalus kulit, memutihkan gigi, dan memperbaiki fitur wajah. Aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin membuat selfie sempurna.

Aplikasi-aplikasi di atas menawarkan berbagai fitur dan alat pengeditan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda, dari pengeditan sederhana hingga profesional. Cobalah beberapa di antaranya untuk menemukan yang paling sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat! (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat