visitaaponce.com

Sumedang Benahi Sarana dan Prasarana Wisata

Sumedang Benahi Sarana dan Prasarana Wisata
Foto aerial suasana Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat.(Antara/Hafidz Mubarak)

KABUPATEN Sumedang, Provinsi Jawa Barat, terus membenahi sarana dan prasarana pariwisata. Tahun ini, pemerintah kabupaten akan memulai pembangunan jalan lingkar utara yang menjadi akses menuju kawasan wisata Bendungan Jatigede.

"Kita akan memulai pembangunan Jalan Lingkar Utara trase Karamat-Pasir Ringkik. Pengadaan lahan sudah dituntaskan, tinggal eksekusi konstruksi tahun ini," jelas Penjabat Bupati Herman Suryatman.

Jika trase ini selesai maka Jatigede akan terkoneksi dari lingkar Timur hingga Lingkar Utara. Dengan akses tersebut, Bendungan Jatigede siap menjadi kawasan kepariwisataan dan destinasi unggulan Jawa Barat.

Baca juga : Bendungan Jatigede, Ikon Wisata Baru di Kabupaten Sumedang

"Kalau ini terjadi manfaatnya besar untuk masyarakat. Pemerintah berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui sektor pariwisata di Kawasan Jatigede," kata Herman.

Untuk itu, dia meminta seluruh masyarakat  Sumedang khususnya di lima kecamatan, yakni Jatigede, Jatinunggal, Wado, Darmaraja dan Cisitu untuk bahu-membahu mengawal pembangunan Jalan Lingkar utara.

"Dari Jatigede untuk Sumedang, untuk Jawa Barat dan untuk Indonesia. Mari kita majukan pariwisata di Sumedang," tandasnya.

Baca juga : Ayo Mengenal Lebih Dekat Terowongan Kembar Tol Cisumdawu

Sebelumnya, Pemkab Sumedang juga berupaya meningkatkan kunjungan wisata ke Taman Hutan Raya Gunung Palasari. Untuk itu, Herman meminta pengelola melakukan peningkatan kawasan, sarana dan prasarananya.

"Tahura Gunung Palasari berada di tengah kota. Kawasan ini harus menjadi destinasi wisata alam eco tourism," paparnya, saat berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup dan organisasi perangkat daerah terkait.

Tahura ini bisa menjadi konservasi lingkungan hidup dan budaya. Di dalamnya terdapat peninggalan budaya dan benda cagar budaya.

Herman berjanji akan terus meningkatkan kebermanfaatan Tahura Gunung Palasari sebagai area konservasi alam, budaya, serta destinasi wisata. "Tahura ini bisa memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Sumedang,"tandasnya. (Z-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat