visitaaponce.com

Jawa Barat Targetkan Kunjungan Wisatawan Tahun 2024 Tembus 100 Juta

Jawa Barat Targetkan Kunjungan Wisatawan Tahun 2024 Tembus 100 Juta
Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman di depan para pemangku kepentingan pariwisata.(DOK/PEMPROV JAWA BARAT)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat menargetkan kunjungan wisatawan tahun ini mencapai 100 juta orang. Sementara kunjungan wisatawan asing ditargetkan tembus 1 juta orang.

"Target ini meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun 2023, total kunjungan wisata ke Jawa Barat mencapai 85 juta orang, dengan wisatawan mancanegara mencapai 740 ribu orang," ungkap Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman, Jumat (7/6).

Dia optimistis target itu bisa tercapai. Kuncinya adalah kolaborasi pentahelix, salah satunya dengan pelaku jasa pariwisata.

Baca juga : Pullman Ciawi Vimala Hills Memperoleh Sertifikasi Resor Green Globe

Optimismenya juga didorong dengan penguatan regulasi sektor pariwisata, peningkatan fasilitas hingga kemudahan akses ke destinasi wisata.

"Pemprov Jabar akan memperkuat regulasi, meningkatkan fasilitas serta anggaran. Itu komitmen kami," ungkapnya.

Herman menuturkan, pariwisata merupakan salah satu sektor strategis pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, Pemprov Jabar memberi perhatian besar terhadap pembangunan pariwisata.

Baca juga : Pemprov Jawa Barat Kembangkan 4 Destinasi Wisata di Kabupaten Sukabumi

Jabar memiliki potensi pariwisata melimpah yang tersebar di setiap kabupaten dan kota, mulai dari pantai, laut, gunung hingga ekonomi kreatif. Paket komplet yang dimiliki Jabar ini membuat kunjungan wisatawan terus  meningkat setiap tahunnya.

"Industri pariwisata Jabar terus bergairah, terlihat dari kunjungan wisatawan yang selalu meningkat setiap tahunnya," ujar Herman.

Komitmen Jabar dalam mendongkrak kunjungan wisatawan ini disambut baik oleh salah satu pelaku jasa pariwisata Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

Ketua PUTRI Jabar Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya siap mendukung berbagai program pemerintah dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kami senang Sekda punya komitmen tinggi dalam memajukan pariwisata Jabar dan kami siap mendukung program pemerintah," sebut Taufik.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat