visitaaponce.com

Pemprov Jawa Barat Kembangkan 4 Destinasi Wisata di Kabupaten Sukabumi

Pemprov Jawa Barat Kembangkan 4 Destinasi Wisata di Kabupaten Sukabumi
Sejumlah pengunjung berendam di sumber air panas Geyser Cisolok, Kabupaten Sukabumi.(Dok. Antara)

TAHUN ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pengembangan empat destinasi wisata di wilayah Kabupaten Sukabumi. Keempatnya adalah Pantai Cikembang, Pantai Cibangbang, Pantai Karang Hawu, dan Geyser Cisolok.

"Untuk itu dibutuhkan keterlibatan dan kerja sama antara pemangku kepentingan dalam kegiatan ini," ungkap Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Jawa Barat, Ani Widiani, Jumat, 17 Mei 2024.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Mereka melakukan kesepakatan konsep dan tahapan proses pengembangan destinasi pariwisata.

Baca juga : Desa Wisata Cibeureum di Ciamis Dirancang Jadi Destinasi Wisata Premium

Ani menyatakan Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu lokasi yang difokuskan terkait pengembangan pariwisata. Untuk itu diperlukan langkah strategis sesuai hasil survei di lapangan dalam meningkatkan kualitas potensi pariwisata.

Strategis perencanaan pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi meliputi upaya mempertahankan status UNESCO Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Sukabumi.

Selain itu, rencana pengembangan jelajah wisata jalur kereta api yang meliputi wilayah Bogor-Cianjur-Sukabumi, pelaksanaan program Mari Ngariung Kelola Sampah (Mang Kasep), serta peningkatan kapasitas SDM pariwisata.

"Pada 2024 ini, kami sepakat memfokuskan kegiatan berupa pengembangan potensi Pantai Cikembang, Pantai Cibangban, Pantai Karanghawu, dan Geyser Cisolok," tandas Ani.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat