visitaaponce.com

Ben Alhajj, Jejak Perubahan untuk Mercure Bandung Nexa Supratman

Ben Alhajj, Jejak Perubahan untuk Mercure Bandung Nexa Supratman
General Manager Mercure Bandung Nexa Supratman T. Ben Alhaj(DOK/PRIBADI)

LEBIH dari 2 tahun memimpin Mercure Bandung Nexa Supratman,
T. Ben Alhajj, membawa angin perubahan. Tidak hanya membuat hotel di Jalan Supratman, Kota Bandung, itu, menjadi pilihan utama bisnis hospitality.

"Ketika dipercaya menakhodai Mercure Bandung Nexa Supratman, saya sudah membawa misi untuk melakukan sejumlah perubahan ke arah kemajuan untuk hotel ini. Tidak hanya sekadar di bidang bisnis, tapi juga lingkungan dan produktivitas sumber daya manusia yang bekerja di dalamnya," ujar pria yang sudah berkarir di dunia perhotelan selama 24 tahun itu.  

Di internal perusahaan, Ben mengembangkan strategi pendekatan untuk para karyawan dengan learning and development (L&D). Salah satunya merapatkan budaya dan etos kerja antara generasi milenial dan generasi z.

Baca juga : Liburan Sekolah, Menginap Seru di Grand Dafam Braga Bandung

Strategi learning and development, ujarnya, ialah proses yang terencana sistematis untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi karyawan dalam konteks lingkungan kerja.

"Kami melibatkan sebanyak mungkin semua karyawan dalam berbagai kompetensi yang memberi keleluasaan dalam berinovasi. Dalam ilmu manajemen memadukan  macro dan micro management” ujar pria yang pernah bekerja di Jumirah Beach Hotel, Dubai, Uni Emirat Arab selama 4,5 tahun itu.

Perubahan juga dilakukan di lingkungan dalam hotel. Mercure Bandung Nexa Supratman yang merupakan hotel di bawaha naungan PT Telkom Group Indonesia ini berupaya mengedepankan sisi teknologi. Salah satunya dengan menerapkan teknologi digital di beberapa fasilitas pendukung hotel.

Baca juga : Belviu Hotel Bandung Merelaunching Palazzo Lounge

Di antaranya penggunaan videotron di area ballrom. Kini sudah tidak menggunakan lagi proyektor dan diubah digital tv screen berukuran 100 inci, dengan kecepatan diatas 100 MB.

"Kami juga sebventar lagi akan mengubah fasilitas di dalam kamar. Dari yang sebelumnya menggunakan smart TV akan dialihkan ke video on demand GRATIS tanpa harus melakukan login," ujar General Manager Mercure Bandung Nexa Supratman, yang sudah berpengalaman di China, Eropa dan caribbean itu.

Upaya ini, lanjut Ben, merupakan dukungan terhadap produk digital PT Telkom Indonesia. "Kami sudah membuktikan bahwa produk digital PT Telkom sangat tepat digunakan di lingkungan hotel," tegasnya.

Baca juga : Ascott Hotels Bandung Gelar Aksi Donor Darah Bersama Masyarakat

 

Pro lingkungan


Pria yang juga pernah mengenyam beberapa pengalaman di beberapa hotel di indonesia seperti Jakarta, Batam, Bandar Lampung dan Jayapura, menambahkan: Mercure Bandung Nexa Supratman juga tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai hotel yang berada di Bandung. Salah satunya dengan menempatkan autograph lukisan dua musisi legenda Bandung, yakni Harry Roesli dan Doel Sumbang di area restoran.

Baca juga : The Luxton Bandung dan PMI Kota Bandung Gelar Donor Darah untuk Kemanusiaan

"Kami juga selalu menyiapkan menu khas Bandung yang dikombinasikan dengan menu nasional. Menu itu ada saat sarapan. Kami juga menyediakan jajanan khas Bandung," tambah Ben.

Pria yang pernah bekerja di sejumlah restoran di luar negeri itu membawa misi bahwa hotel harus menjalankan bisnis berkelanjutan. tidak hanya melulu fokus kepada sisi finansial sajha, tapi juga lingkungan dan kehidupan masyarakat sekitar.

"Saya termotivasi untuk menerapkan ecogreen dalam bisnis perhotelan. Untuk itu, kami menerapkan sejumlah kebijakan yang pro lingkungan," tegasnya.

Di antaranya ialah tidak menggunakan lagi botol plastik di daam kamar. Selain itu, pihaknya melakukan pemilahan sampah basah untuk dijadikan limbah daur ulang. Upaya tersebut juga membantu upaya daur ulang sampah yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Bandung.

Mercure Bandung Nexa Supratman, lanjut dia, sebentar lagi akan menerapakan konsep ESG atau enviromental (lingkungan), Social (sosial) dan  Governance (Tata kelola perusahaan). Kebijakan itu merupakan bagian dari Accor Group sebagai operator dari  Mercure Bandung Nexa Supratman.

"Kami juga menerapkan kebijakan pro lingkungan yang mempunyai komitmen jangka panjang terhadap pembangunan yang bertanggung jawab," tandasnya

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat